Sukses

Festival Lagu-lagu Batak Mangardang 2023 Masuki Babak Semifinal

Festival Mangardang 2023 atau lomba menyanyikan lagu-lagu Batak yang digelar oleh Persatuan Artis Batak Indonesia (PARBI) dan Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) memasuki babak semifinal.

Liputan6.com, Jakarta- Festival Mangardang atau lomba menyanyikan lagu-lagu Batak yang digelar oleh Persatuan Artis Batak Indonesia (PARBI) dan Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI), pada awal Juli akhirnya memasuki fase babak semifinal. Menurut Jendonata Andriani Duansirik salah satu peserta yang lolos babak audisi dan menembus hingga babak semifinal final, dirinya optimis bisa menembus babak final dan memenangkan Festival Mangardang 2023.

"Saya mengikuti festival ini sangat mendadak mengingat latihan baru digelar selama 2 hari menjelang babak audisi pada 22-23 Juni 2023 lalu. Puji Tuhan tanpa diduga, saya yang datang jauh-jauh dari Tarutung Tapanuli selatan akhirnya bisa menyisihkan puluhan peserta dan menembus hingga babak semifinal," ujar Jendonata pada Kamis (6/7/2023) di sela-sela babak semifinal Festival Mangardang yang digelar di Gedung Film Usmar Ismail Jakarta.

Jen yang masih berumur 19 tahun mengaku tidak terlalu familiar menyanyikan lagu-lagu Batak mengaku optimistis bisa mencapai babak final yang akan digelar pada Minggu (9/7/2023) mendatang. Babak final tersebut digelar bertepatan dengan HUT Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) yang ke-16.

"Dari Tarutung terbang ke Jakarta, saya dibiayai oleh panitia. sesampainya di Ibu Kota, tekad saya adalah masuk final dan bisa menjadi juara pada malam final," lanjut Jendonata yang mengikuti kategori penyanyi solo.

Hal senada juga dikatakan oleh Wandari Sihombing peserta kategori penyanyi solo lainnya yang mengaku ditelepon mendadak oleh kenalannya pada H-2 menjelang audisi.

"Sebelumnya saya tidak pernah mengikuti festival lomba menyanyi mengingat fokus hanya bekerja dan ini kejutan bagi saya bisa mencapai babak semifinal. Saya optimis bisa mencapai babak final dan mengapresiasi pihak panitia yang telah menggelar Festival Mangardang sebagai wadah untuk menyanyikan lagu-lagu Batak," ungkap Wandari yang mengidolai penyanyi Rany Simbolon.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Festival Mangardang 2023, Vanda Hutagalung semenjak babak audisi digelar menjelang akhir Juni lalu, antusiasme peminat terus melonjak untuk mengikuti babak audisi.

"Semenjak audisi digelar pada 22-23 Juni lalu, kami mencatat ada lebih dari 100 peserta yang berminat untuk mengikuti Festival Mangardang baik kategori solo maupun trio. Adapun peserta selain dari suku Batak juga datang dari wilayah Kuningan, Batam serta Manado serta beberapa wilayah lainnya," ungkap Vanda.

Dalam babak semifinal yang digelar di Gedung Film Umar Ismail Kuningan Jakarta lanjut Vanda, pihak panitia akan menggugurkan sebanyak 30 penyanyi solo serta 2 grup trio.

"Selama babak semifinal kami akan menyeleksi 40 penyanyi solo dan menyisakan 10 penyanyi solo yang akan berlaga di babak final. Sementara untuk penyanyi trio, panitia akan menyeleksi 6 penyanyi trio dan menyisakan 4 penyanyi trio yang juga berhak tampil di babak final," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.