Sukses

Dorong Daya Saing, Sampoerna dan INOTEK Lanjutkan Rangkaian Pelatihan Transformasi Digital UMKM

Kegiatan hari ini juga turut memperkuat kemampuan UMKM untuk meningkatkan kemampuan teknik pengambilan foto dan copywriting.

Liputan6.com, Jakarta - PT HM Sampoerna melalui program pemberdayaan UMKM Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) di bawah payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI), menyelenggarakan pelatihan lanjutan bertajuk Level Up UMKM Indonesia sebagai rangkaian kegiatan dari UMKM Untuk Indonesia (UUI) untuk Transformasi Digital.

Pelatihan ini dilakukan melalui kerja sama dengan mitra SETC, Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), sebuah inkubator bisnis yang mendukung pengembangan usaha pemula, kecil, dan menengah yang berbasis teknologi tepat guna, serta telah menjangkau ratusan UMKM di seluruh Indonesia.

Acara yang digelar pada Selasa (27/6/2023) di Serang ini bertujuan untuk mengakselerasi pengembangan UMKM untuk penguatan kapasitas dalam pemasaran digital melalui platform digital ini diikuti oleh sekitar 80 pelaku UMKM asal Provinsi Banten yang memiliki ragam kreasi produk berbeda-beda.

Satu benang merah di antara para peserta ialah motivasi yang kuat untuk mendalami digitalisasi dalam rangka pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Melalui pelatihan tersebut, para peserta pelatihan, yang sebagian besar perempuan, dibekali berbagai keterampilan, termasuk mengenai teknik pengambilan foto produk yang baik dengan menggunakan ponsel agar lebih menarik hingga pemasaran produk dengan memanfaatkan digitalisasi.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Serang, Wahyu Nurjamil menyampaikan bahwa dari kegiatan UMKM Untuk Indonesia yang telah dilaksanakan tiga kali secara luring ini telah memberikan dampak perluasan pasar yang berhasil memanfaatkan platform digital.

"Kegiatan hari ini juga turut memperkuat kemampuan UMKM untuk meningkatkan kemampuan teknik pengambilan foto dan copywriting. Selain itu, perizinan usaha yaitu Nomor Induk Berusaha dan Halal telah berhasil difasilitasi melalui kegiatan ini," ujarnya.

Sejak didirikan pada 2007, SETC telah memberi pelatihan kepada lebih dari 67.000 pelaku UMKM di Indonesia, baik secara daring maupun luring. Program ini merupakan salah satu dari berbagai pelatihan dan pendampingan UMKM yang telah dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan SETC selama 16 tahun terakhir bagi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat, mengatakan bahwa Sampoerna berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, termasuk melalui transformasi digital.

"Melalui payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia, kami senantiasa mendukung sektor UMKM untuk terus bertumbuh sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional," kata Ishak.

Direktur Eksekutif INOTEK Ivi Anggraeni berharap bahwa melalui rangkaian kegiatan UMKM Untuk Indonesia, para pelaku UMKM yang mengikuti program ini dapat melakukan transformasi digital untuk turut menopang perekonomian keluarga dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dengan demikian, mereka mampu memberikan dampak positif terhadap kemajuan perekonomian, khususnya di Kota Serang.

Program UUI yang dimulai sejak Maret – November 2023 ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan teknologi digital para pelaku UMKM di Provinsi DKI Jakarta dan Banten sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing mereka.

Dalam pelaksanaan program UUI, INOTEK dan SETC menggandeng beberapa mitra strategis, di antaranya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kota Serang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.