Sukses

Promo Anti Jaim, Tiket Kereta Jarak Jauh dari Bandung Diskon 25 Persen

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung menghadirkan promo Anti Jaim (Kejutan Trip Juni Asyik Melimpah)

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung menghadirkan promo Anti Jaim (Kejutan Trip Juni Asyik Melimpah) di mana masyarakat dapat membeli tiket kereta api jarak jauh dengan diskon hingga 25 persen.

Masyarakat dapat membeli tiket promo ini pada tanggal 21 - 24 Juni 2023 untuk keberangkatan periode libur kenaikan kelas yaitu tanggal 25 Juni - 9 Juli 2023.

Adapun kereta keberangkatan dari Daop 2 Bandung yang mendapat promo Anti Jaim yaitu;

- KA Ciremai (Bandung - Semarang Tawang Bank Jateng),

- KA Harina (Bandung - Surabaya Pasarturi),

- KA Lodaya (Bandung - Solo Balapan),

- KA Malabar (Bandung - Malang),

- KA Mutiara Selatan (Bandung - Surabaya Gubeng),

- KA Turangga (Bandung - Surabaya Gubeng).

Juru Bicara PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, mengatakan Promo Anti Jaim ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang melalui penjualan tiket dengan tarif yang terjangkau pada periode libur kenaikan kelas.

Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, ataupun seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama dengan KAI.

Total ada 1.910 tiket promo yang disediakan untuk 6 KA keberangkatan dari stasiun-stasiun wilayah Daop 2 Bandung.

PT KAI Daop 2 Bandung juga telah menyiapkan 23 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) pada masa libur Idul Adha 2023. Sebelumya pemerintah resmi menetapkan libur Idul Adha 2023 menjadi tiga hari, yaitu pada tanggal 28 - 30 Juni 2023.

Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

"Daop 2 Bandung menyiapkan 23 perjalanan kereta api (KA) ini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dan antisipasi peningkatan volume pelanggan yang ingin menikmati momen libur panjang akhir pekan depan," kata Mahendro di Bandung, Jumat, 23 Juni 2023. 

Berdasarkan data kemarin (22/06/2023), sebanyak 39.873 tiket telah terjual pada libur panjang akhir pekan depan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 18.461 penumpang berangkat dari Stasiun Bandung, 11.988 penumpang berangkat dari Stasiun Kiaracondong, dan sisanya dari stasiun lain di wilayah Daop 2 Bandung.

"Tujuan favorit para pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut di dominasi KA dengan tujuan ke arah timur seperti Yogyakarta, Solo, dan Surabaya," kata Mahendro .

Secara keseluruhan PT KAI (Persero) mengoperasikan 1.340 KAJJ. Terdapat penambahan 18 perjalanan KA dibanding pekan sebelumnya yaitu 20 Juni - 25 Juni sebanyak 1.322 perjalanan KA.

Seluruh KA yang ditambah perjalanannya yaitu KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp), KA Manahan (Gambir - Solo Balapan pp), KA Pandalungan (Gambir - Jember pp), KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp), dan KA Kaligung (Semarang Poncol - Cirebon Prujakan pp).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Naik Kereta

Terkait syarat naik KA, mulai 12 Juni 2023 menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023, pelanggan KA Jarak Jauh dan KA Lokal diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

"Kami juga terus mengimbau kepada para pelanggan KA agar memperhatikan dan memastikan kembali jadwal perjalanan KA agar tidak salah naik kereta api, karena sampai saat ini masih banyak pelanggan yang salah naik KA. Daop 2 Bandung sendiri mencatat selama tahun 2023 terjadi sebanyak 21 pelanggan yang salah naik KA," tukas Mahendro.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di momen Idul Adha 2023.

"Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini," jelas Joni.

Data Jumat (23/6), total tiket KAJJ yang terjual pada 27 Juni - 2 Juli 2023 yaitu sebanyak 437.350 tiket atau rata-rata 72.892 tiket per hari.

Jumlah tersebut masih 58 persen dari total keseluruhan tiket KAJJ yang dijual sebanyak 750.669 tiket.

Joni menambahkan, sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Bandung pp, Jakarta - Purwokerto pp, Jakarta - Solo pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, dan relasi lainnya.

"Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan menghantarkan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan," tandas Joni.

KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend Idul Adha dan belum memiliki tiket, segera untuk membelinya baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini