Sukses

Palangka Raya Dongkrak Wisatawan Melalui Kejuaraan Balap Motor

Warga kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah patut berbangga diri. Pasalnya, mereka akan mendapatkan hiburan pertunjukan adu cepat para rider motor bebek terbaik di tanah air.

Liputan6.com, Palangka Raya - Warga kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah patut berbangga diri. Pasalnya, ditunjuk menjadi tuan rumah bagi para pembalap motor tanah air untuk unjuk gigi beradu kecepatan.

Sirkuit Sabaru dipilih menjadi lokasi gelaran ajang kejuaraan nasional (Kejurnas) Balap Motor OnePrix Championship 2023 putaran Ke-2 yang berlangsung selama dua hari dari Sabtu (2/6/2023) hingga Minggu (3/6/2023).

Pada balapan kali ini, panita mengangkat unsur budaya lokal Kalimantan Tengah dalam pengaplikasan desain visual seperti Talawang dan Burung Enggang di lapangan.

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin mengaku bangga atas terselenggaranya acara tersebut. Sebab, hal itu sejalan dengan keinginan pemerintah daerah untuk menggaet wisatawan melalui kegiatan olahraga.

“Bagi kami masyarakat Palangka Raya menyambut baik penyelenggaraan ini. Selain menjadi sarana promosi kota, juga diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi kami secara keseluruhan,” ungkap Fairid Naparin.

Tak hanya itu, dirinya juga turut berterima kasih terhadap panita yang mau bekerja sama dengan pemerintah daerah Kota Palangka Raya untuk memajukan olahraga balap motor dan menggerakkan geliat ekonomi.

Hal senada juga dikatakan pihak ketua penyelenggara Arlan Perkasa Lukman. Dikatakannya, OnePrix Motorsport Management akan terus berkolaborasi memajukan balap motor tanah air.

“Berkat kerjasama yang dilakukan dengan Pemerintah Kota Palangka Raya, kami berhasil mengadakan gelaran OnePrix untuk pertama kalinya di luar Pulau Jawa,” ucap Arlan Perkasa Lukman.

Kelas pada ajang balap tersebut terdapat empat kategori utama antara lain Expert, Novice, Rookie, dan Beginners. Selain itu untuk supporting menampilkan beberapa kelas yakni OP Legend Eksekutif, OP Legend 35 UP, Bebek 116cc STD, dan Pocket Bike 500cc Open.

Pada hasil balap putaran pertama yang, klasemen OnePrix kelas Expert OP1 masih didominasi trio Yamaha. Posisi teratas ada Hafid Pratama dari ASR VMK RCTH dengan 57 poin. Kemudian ada Husni Zainul Fuadzi (Alfi) dari YMH ZIEAR ARL dengan perolehan 47 poin. Rekan setim Hafid yakni M. Faerozi, bertengger di klasemen ketiga sementara dengan 43 poin. 

Sementara itu, posisi teratas klasemen di kelas Novice OP2 ditempati rider LFN HP969 RT yakni Fahmi Bassam dengan 45 poin. Chandra Hermawan dari Yamaha Aditama membuntuti di peringkat kedua dengan selisih 10 angka yakni 35 poin. Lalu ada Akbar Abud Abdalah asal tim ASR VMK RCTH dengan perolehan 29 poin di posisi ketiga.  

Sedangkan kelas Rookie dan Beginner untuk sementara dikuasai pabrikan Honda. Reykat Yusuf (Honda BKJU) dan M. Diandra (ART Yogyakarta) berbagi angka sama yakni 41 poin di posisi atas klasemen. Arai Agaska Dibani Laksana (Zyrof 47 Racing) menjadi satu-satunya rider Yamaha di posisi tiga besar kelas Rookie. 

Untuk kelas Beginner, Bintang Pranata Sukma dari ART Yogyakarta memimpin klasemen dengan perolehan 50 poin, diikuti rekan setimnya Resky HK yang mengoleksi 36 angka.Posisi ketiga untuk sementara menjadi milik Juna Octavian yang sudah mengumpulkan 29 poin.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.