Sukses

5 Kuliner Pasar Atom Surabaya yang Cocok Disantap Sambil Berbelanja

Berikut berbagai kuliner Pasar Atom yang wajib dicoba kala berkunjung.

Liputan6.com, Surabaya - Pasar Atom kini dikenal sebagai salah satu pusat kuliner Surabaya. Di tempat ini, para pengunjung dapat menemukan berbagai kuliner khas dan legendaris.

Para pecinta kuliner dapat menemukan berbagai makanan berat hingga kudapan manis dan menyegarkan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut berbagai kuliner Pasar Atom yang wajib dicoba kala berkunjung.

1. Nasi Cumi Pasar Atom

Nasi Cumi Pasar Atom menjadi salah satu kuliner Pasar Atom Surabaya yang digemari masyarakat lokal dan wisatawan. Warung makan nasi cumi ini terletak di Jalan Waspada Nomor 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian atau berada di sebelah gedung lama Pasar Atom.

Menu andalannya adalah seporsi nasi cumi yang disajikan lengkap dengan empal, paru, usus sapi dan peyek udang sebagai pelengkap. Cumi yang disajikan dimasak menggunakan tinta dari cumi itu sendiri. sehingga memiliki bercita rasa manis dan gurih yang khas.

Nasi Cumi Pasar Atom buka setiap hari selama 24 jam. Seporsi nasi cumi khas Pasar Atom ini dibanderol mulai dari Rp39.000 per porsinya.

2. Nasi Timbel Tip-Top

Nasi timbel merupakan kuliner tradisional khas nusantara yang cukup populer. Meski hampir dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, Nasi Timbel Tip-Top Pasar ATom akan terasa istimewa.

Warung nasi ini merupakan salah satu kuliner Pasar Atom yang cukup legendaris karena sudah berjualan selama berpuluh-puluh tahun. Menu utama yang dijajakan adalah seporsi nasi yang dibungkus daun pisang dengan empal, tahu, tempe, sambal dan berbagai sayur-sayuran.

Empal kremes yang disajikan terasa istimewa, bercita rasa gurih dah renyah begitu dikunyah. Selain itu, Nasi Timbel Tip-Top juga menjual berbagai menu lauk lainnya, seperti ayam, bandeng, bebek, bakwan, hingga udang yang dapat bebas dipilih.

Seporsi nasi timbel legendaris di Pasar Atom ini dibanderol mulai dari Rp20.000 saja. Nasi Timbel Tip-Top berada di Pasar Atom tahap 2 di lantai 2.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lontong Mie Ny Marlia

3. Lontong Mie Ny Marlia

Kuliner Pasar Atom yang wajib dicicipi selanjutnya adalah sajian lontong mi ala Ny Marlia. Hidangan lontong mi cukup terkenal di banyak daerah di Jawa, terutama Jawa Timur.

Seporsi kuliner legendaris ini berisikan mi kuning segar yang dilengkapi dengan kuah petis, udang kering, taoge dan irisan tahu goreng yang lembut. Rasa gurih dan khas dari petis akan menambah nikmat hidangan ini.

Selain lontong mi biasa, Lontong Mie Ny Marlia juga menghadirkan lontong mi spesial dengan menambahkan kikil sapi yang sudah diolah dengan empuk dan masih kenyal. Kuliner ini terkenal akan kelezatannya, sehingga tidak heran banyak orang memburu kuliner khas Pasar Atom ini.

Selain lotong mi, pengunjung juga dapat menikmati satai kerang dan leto yang cocok menjadi pelengkap. Satu porsi lontong mi biasa dipatok dengan harga Rp18.000, sedangkan lontong mi spesial dihargai Rp24.000.

Lontong Mie Ny Marlia berada di Pasar Atom Lantai 2 Tahap 1.

4. Bubur Madura

Kuliner Pasar Atom selanjutnya adalah bubur madura. Kudapan manis ini berisikan bubur manis seperti bubur sumsum, bubur mutiara, bubur ketan hitam dan bubur candil.

Penjual Bubur Madura di Pasar Atom ini cocok menjadi menu sarapan. Pengunjung dapat menikmati aneka bubur madura di pinggir jalan dengan kursi plastik kecil sebagai tempat duduknya.

Satu porsi bubur madura ini biasanya akan dibanderol seharga Rp10.000. Seporsi bubur yang disajikan berisi bubur yang dipilih pelanggan dengan tambahan parutan daging kelapa dan dikucurkan juruh atau gula merah yang sudah dicairkan. Seporsi bubur madura di hargai mulai dari Rp10.000.

5. Es Kacang Ijo Goyang Lidah

Es Kacang Ijo Goyang Lidah dapat menjadi jujukan kala mencari hidangan yang segar-segar di Pasar Atom. Bubur kacang hijau dari Es Kacang Ijo Goyang Lidah dilengkapi dengan kelapa muda, santan, serutan es.

Semangkuk kacang hijau dihargai mulai dari Rp10.000 saja. Es Kacang Ijo Goyang Lidah berada di Jalan Waspada atau Pintu Samping Pasar Atom, Pabean Cantian, Surabaya.

Kuliner Pasar Atom ini buka pada pukul 01.00 sampai 00.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.