Sukses

Jangan Kelewatan, Ini 5 Kuliner Pekalongan yang Melegenda

Aneka kuliner legendaris Pekalongan ini sudah buka puluhan tahun dan terkenal akan kelezatannya.

Liputan6.com, Pekalongan - Pekalongan merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang dikenal akan kerajinan batik. Namun tidak hanya batik khas Pekalongan yang dikenal cantik, daerah ini juga dikenal memiliki beragam kuliner yang wajib dicicipi.

Aneka kuliner legendaris Pekalongan ini sudah buka puluhan tahun dan terkenal akan kelezatannya. Cocok menjadi jujukan kala berbelanja atau singgah di kota ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kuliner Pekalongan yang dapat dicicipi kala berkunjung.

1. Soto Tauto Legendaris Pak Tjarlam

Soto tauto merupakan salah satu kuliner khas pesisir yang populer. Salah satu penjual kuliner khas ini adalah Soto Tauto Legendaris Pak Tjarlam yang sudah berjualan sejak 1960-an.

Menariknya, pemilik warung kuliner legendaris ini masih mempertahankan resep secara turun-temurun sejak dahulu. Ada dua jenis soto yang dijajakan di sini, yakni soto daging ayam, sapi dan kerbau.

Aneka daging dimasak menggunakan bumbu tauco hingga meresap kedalam dan sangat empuk. Semangkuk soto tauto segar dibanderol mulai dari Rp 25.000 saja.

Soto Tauto Legendaris Pak Tjarlam berada di Jalan A Yani, Tim, 51129, Sugihwaras, Pekalongan. Kuliner legendaris Pekalongan ini buka dari pukul 08.00-17.00 WIB.

2. Garang Asem H Masduki

Garang asam adalah olahan ayam berkuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang. Kuliner khas Jawa Tengah ini memiliki cita rasa yang dominan asam, pedas dan gurih.

Salah satu warung penjual menu garang asam yang cukup legendaris adalah Garang Asem H Masduki di Pekalongan. Warung makan ini sudah menjual garang asam sejak tahun 1952-an.

Sekilas tampilan dari menu Garang Asem mirip dengan menu rawon hanya saja kuahnya sedikit encer. Selain itu garang asam menggunakan belimbing wuluh yang membuat cita rasanya semakin nikmat dan segar.

Seporsi garang asam ala H Masduki dibanderol mulai dari Rp29.000 saja. Garang Asem H Masduki berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 169, Kebulen, Pekalongan. Kuliner legendaris Pekalongan ini buka dari pukul 07.00-21.00 WIB.

3. Nasi Uwet H Zarkasi

Kuliner legendaris Pekalongan yang selanjutnya ini sudah ada sejak tahun 1959. Nasi uwet terdiri dari olahan jeroan dan daging kambing yang dihidangkan dengan nasi hangat dan megono.

Selain nasi uwet, terdapat satai kambing, ayam goreng, hingga daging serundeng yang bisa dipesan. Nasi uwet bercita rasa lezat, semakin istimewa dengan serundeng yang gurih dan jeroan kambing.

Nasi Uwet Haji Zarkasi berlokasi di Jalan Sulawesi Nomor 25, Kergon, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan. Kuliner legendaris Pekalongan ini buka dari pukul 06.00-14.00 WIB, 17.00-22.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warung Makan Sego Rakyat Mbak Ibah

4. Warung Makan Sego Rakyat Mbak Ibah

Kuliner legendaris di Pekalongan yang selanjutnya ini sudah buka sejak tahun 1992. Warung makan ini menawarkan menu nasi ramesan dengan isian nasi, sayur megono, dan aneka lauk makan lainnya.

Namun, menu andalan di tempat makan ini adalah nasi megono khas Pekalongan. Nasi megono adalah nasi yang disajikan dengan sayur nangka muda gurih dengan aneka lauk di dalamnya.

Selain nasi megono, ada banyak menu lain seperti nasi campur atau rames, garang asem dan menu makanan lain yang enak. Seperti julukannya yakni warung rakyat, aneka menu yang dijajakan murah meriah.

Meski merakyat dan terkenal murah, semua makanan yang dijajakan terkenal lezat. Tidak heran, kuliner legendaris Pekalongan ini tak pernah sepi pembeli.

Warung Makan Sego Rakyat Mbak Ibah berlokasi di Jalan Teratai Nomor 81, Poncol, Pekalongan. Tempat makan ini buka dari pukul 07.00-12.00 WIB.

5. RM Tjukup

Tidak lengkap rasanya apabila singgah ke Pekalongan tanpa menikmati kuliner khasnya, sego megono. Sego megono merupakan nasi putih dengan topping cacahan nangka muda yang rasanya gurih nikmat.

Sebelumnya, nangka muda dicampur kelapa parut dan aneka bumbu rempah. Nasi megono dinikmati dengan berbagai lauk rumahan sesuai selera.

Ada banyak tempat makan yang menyajikan sego megono. Namun, jika ingin lebih otentik dapat mengunjungi RM Tjukup.

Kuliner legendaris Pekalongan ini sudah berjualan sego megono sejak 1982. Tempat makan disebut-sebut sebagai penjual sego megono favorit mendiang Bondan Winarno.

RM Tjukup menyediakan 30 hingga 40 lauk pendamping untuk menikmati sego menggono. Namun, lauk yang paling laris diburu adalah olahan cumi hitam yang dimasak menggunakan tinta cumi itu sendiri.

Meski sudah terkenal dan populer, harga aneka menu di RM Tjukup tidaklah mahal. Seporsi sayur dibanderol mulai dari Rp5.000 per mangkuk, sedangkan cumi hitam dibanderol Rp20.000 untuk 3 ekor.

RM Tjukup berada di Jalan Manggis Nomor 10, Pekalongan. Kuliner legendaris Pekalongan ini buka pagi sejak pukul 06.30 hingga habis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.