Sukses

5 Bakmi Jawa Legendaris di Yogyakarta

Jika pengunjung ingin mencicipi cita rasa bakmi jawa yang autentik dapat mengunjungi berbagai tempat bakmi jawa Yogyakarta yang melegenda.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bakmi jawa merupakan salah satu ikon kuliner Yogyakarta yang cukup populer. Umumnya, ada 3 menu pilihan menu olahan mi ini, mulai dari bakmi jawa goreng, bakmi jawa godog atau rebus dan bakmi jawa nyemek.

Kuliner bakmi jawa dapat dengan mudah ditemukan di Yogyakarta. Namun, jika pengunjung ingin mencicipi cita rasa bakmi jawa yang autentik dapat mengunjungi berbagai tempat bakmi jawa Yogyakarta yang melegenda. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut bakmi jawa legendaris di Yogyakarta.

1. Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito terkenal di kalangan warga lokal dan wisatawan. Menu yang disajikan di antaranya ialah bakmi goreng, bakmi godog, magelang, dan capcay jawa.

Tempat makan bakmi jawa legendaris ini sudah buka sejak tahun 2008. Ciri khas olahan bakmi jawa ala Mbah Gito ini adalah racikan kuah yang kental dan gurih, suwiran daging ayam yang melimpah, telur dan bawang goreng sebagai taburan.

Aneka menu di Bakmi Jawa Mbah Gito ini dibanderol mulai dari Rp20.000-35.000. Pengunjung warung makan ini dapat menyantap seporsi bakmi jawa lezat ditemani interior kedai yang unik dengan nuansa tradisional yang kental.

Bakmi Jawa Mbah Gito buka setiap hari mulai pukul 11.00-22.00 WIB.

2. Bakmi Jawa Pak Pele

Bakmi Jawa Pak Pele eksis sejak 1982 dan mampu bertahan hingga saat ini. Bahkan, cita rasa olahan aneka bakmi jawa di tempat legendaris ini tidak pernah berubah.

Meski berada di warung sederhana, cita rasa bakmi jawa ala Pak pele ini luar biasa. Kaldu yang gurih, suwiran daging ayam kampungnya berlimpah, dan kekenyalan mi yang pas, menjadi ciri khas bakmi jawa legendaris ini.

Ditambah, bakmi jawa di tempat ini disajikan dengan porsi melimpah, sehingga cocok menjadi menu yang mengenyangkan. Ada banyak pilihan bakmi yang bisa dicoba, mulai dari bakmi godog kuning, godog putih, bakmi nyemek, bakmi goreng kuning, dan beragam menu lainnya yang tidak kalah enak.

Aneka menu di Bakmi Jawa Pak Pele dibanderol mulai dari Rp20.000. Tempat makan bakmi jawa legendaris ini berada di Jalan. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta dan buka setiap hari mulai pukul 17.00-23.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakmi Mbah Noto

3. Bakmi Mbah Noto

Warung bakmi Mbah Noto sudah berjualan sejak 1987. Menu istimewa di tempat ini adalah sajian bakmi godog atau bakmi kuahnya yang terkenal istimewa.

Sebab, bakmi jawa godog ala Mbah Noto menggunakan kaldu ayam kampung dan telur bebek, sehingga terasa gurih dan segar. Ayam yang dimasak untuk kaldu juga tidak sembarangan.

Warung bakmi jawa ini hanya menggunakan ayam betina yang sudah bertelur dan dimasak diatas tungku arang. Seporsi bakmi godog terdiri dari mie kuning, bihun, suwiran daging ayam kampung, telur, kecambah, taburan bawang.

Seporsi bakmi jawa legendaris ini dibanderol dengan harga Rp 14.000 saja. Bakmi Mbah Noto berada di jalan Yogyakarta-Wonosari, Plumbon Lor, Logandeng, Playen, Kabupaten Gunung Kidul dan buka pukul 06.00-23.00 WIB setiap harinya.

4. Bakmi Jawa Pak Geno

Bakmi Jawa Pak Geno dikenal dengan kuah kental dan cita rasanya yang kuat sejak 1952. Cita rasa olahan bakmi jawa legendaris ini semakin istimewa dengan rasa rempah yang pekat.

Selain itu bakmi jawa di tempat ini disajikan menggunakan telur bebek. Bakmi Jawa Pak Geno memiliki 3 menu andalan yang dapat dicicipi, yaitu bakmi rebus, bakmi goreng, dan bakmi magelangan.

Meski berdiri di warung yang cukup sederhana, siapa sangka kalau warung bakmi ini merupakan tempat makan langganan mantan Presiden Soeharto. Konon, sang presiden gak pernah absen mencicipi bakmi Pak Geno setiap kali mampir ke Yogyakarta.

Bakmi Jawa Pak Geno berada di Jalan Mangkuyudan, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Tempat makan bakmi jawa legendaris ini buka setiap hari, mulai pukul 17.00-23.00 WIB.

5. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo ini berjualan sejak 1986. Beda dari kebanyakan warung yang jualan di pusat kota, kedai bakmi Jawa Mbah Mo ini terletak di pinggiran kota.

Meski lokasinya lumayan jauh, bakmi Jawa Mbah Mo tidak pernah sepi pengunjung. Bakmi Jawa Mbah Mo terkenal dengan rasa kuah yang gurih karena menggunakan campuran telur bebek.

Sedangkan bakminya disajikan dengan irisan daging ayam kampung. Aneka menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari bakmi goreng, bakmi goreng istimewa, bakmi nyemek, dan bakmi godog yang semuanya bercita rasa istimewa.

Bakmi Jawa Mbah Mo berada di Jalan Parangtritis Km.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai pukul 17.00-23.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini