Sukses

Resep hingga Cara Menikmati Sambal Goang Sunda Tanpa Takut Basi

Biasanya, sambal goang dipadukan dengan nasi putih, lalapan dan menu utama yang membuat rasanya semakin menggugah selera

Liputan6.com, Jakarta - Sambal goang merupakan salah satu menu masakan yang selalu menjadi populer bagi pecinta kuliner nusantara. 

Biasanya, sambal goang dipadukan dengan nasi putih, lalapan dan menu utama. Pada perkembangannya, menu sambal goang memiliki keunikan sendiri terutama daerah Sunda.

Menu Sambal Goang Sunda menjadi hidangan khas Jawa Barat dengan rasa yang unik. Olahan sambal goang Sunda biasanya ditambah dengan tomat dan kemangi.

Penambahan tomat dan kemangi untuk memberikan rasa segar dan aroma yang khas. Bahan dasar cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan terasi.

Sambal Goang Sunda memiliki rasa yang pedas dan gurih, serta sedikit asam dari tomat dan jeruk nipis yang sering ditambahkan. 

Sambal goang Sunda biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan nasi atau lauk pauk, seperti ikan bakar, ayam goreng, atau sayur lodeh.

Salah satu keunikan dari sambal goang Sunda adalah penggunaan terasi sebagai bahan utamanya. Terasi memberikan rasa yang khas dan gurih pada hidangan ini. 

Namun, beberapa orang mungkin tidak terbiasa dengan aroma terasi yang kuat dan menyengat. Sambal goang Sunda sendiri dapat dibuat di rumah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep

Pertama, pastikan cabai rawit yang digunakan segar dan berkualitas agar mendapatkan rasa pedas yang pas. Kemudian, jangan terlalu banyak menggunakan terasi agar rasa asli dari bahan-bahan lainnya tetap terasa. 

Ketiga, gunakan tomat segar dan kemangi yang telah dicuci bersih untuk memberikan aroma dan rasa segar.

Sambal goang Sunda bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari pendingin dan dapat bertahan hingga beberapa hari. 

Namun, untuk mendapatkan rasa terbaik, sebaiknya sambal goang Sunda dimakan dalam waktu 1-2 hari setelah dibuat.

Sambal goang Sunda sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Barat dan juga di Indonesia. 

Banyak restoran dan warung makan di Jawa Barat yang menyajikan sambal goang Sunda sebagai hidangan pelengkap atau bahkan sebagai menu utama. 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.