Sukses

Menikmati Eksotisme Pasir Putih Pulau Siladen Manado

Pulau Siladen berada di sebelah timur laut Pulau Bunaken, atau berjarak sekitar 8 mil dari pusat Kota Manado, Sulut.

Liputan6.com, Manado - Taman Nasional Bunaken masih menjadi salah satu magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Manado. Dalam kawasan Taman Laut Bunaken itu, ada satu pulau yang eksotis yakni Pulau Siladen.

Hanya butuh waktu sekitar 45 menit menumpangi kapal motor yang bisa disewa di Pelabuhan Jengki Manado, wisatawan sudah tiba di Pulau Siladen.

Meski tak masuk dalam destinasi wisata super prioritas seperti Pantai Likupang, namun keindahan Pulau Siladen juga tak kalah menarik. Dengan pasir putihnya yang eksotis.

Pulau Siladen ini merupakan salah satu pulau yang berada di Kecamatan Bunaken. Pulau ini tepatnya berlokasi di sebelah timur laut Pulau Bunaken, atau berjarak sekitar 8 mil dari pusat Kota Manado, Sulut.

Selain itu, di sepanjang bibir pantai juga dikelilingi oleh beragam pepohonan yang akan menambah nuansa sejuk ketika wisatawan mengunjungi pulau ini.

“Yang menjadi andalan di sini adalah taman laut yang masih alami dan spot yang menarik,” ujar Rodei David warga Pulau Siladen.

Setiap akhir pekan banyak pengunjung yang datang berwisata ke Pulau Siladen. Mereka berasal dari Manado, serta daerah lainnya di Sulut. Bahkan ada juga dari beberapa daerah di Indonesia.

“Saat cuti bersama lebaran tahun ini banyak warga yang datang seperti melaksanakan ibadah atau melakukan snorkling dan diving,” tutur David.

Untuk mata pencaharian warga Pulau Siladen adalah nelayan. Sebagian besar warga bekerja di resort-resort pulau tersebut.

“Air bersih adalah hal yang langka di pulau ini sehingga kami harus membeli air kemasan dan menampung air hujan untuk dipakai mandi,”ungkap dia.

Selain itu, warga Pulau Siladen juga membutuhkan listrik yang beroperasi dari Pukul 18.00 Wita hingga pukul 00.00 Wita.

“Fasilitas jalan di perkampungan juga sudah banyak yang rusak sehingga membutuhkan perbaikan,” bebernya.

Moon pemilik salah satu resort di Pulau Siladen mengaku saat ini belum banyak pengunjung karena resort miliknya belum dipromosikan di internet hanya melalui mulut ke mulut.

“Harga kamar di sini Rp400 ribu hingga Rp600 ribu per orang sudah dengan makan pagi,” ujarnya.

Dia mengatakan wisatawan yang datang berkunjung ke resortnya adalah warga lokal seperti dari Manado dan juga Jakarta.

“Cuti lebaran lalu, pengunjung yang datang cukup banyak,” katanya.

Britania warga Manado menuturkan, dia baru kali pertama berkunjung ke Pulau Siladen dan merasa senang dapat menikmati keindahan pantai di pulau tersebut.

 “Tempatnya nyaman serta pelayanannya juga sangat bagus,” ujarnya.

Dia datang bersama teman-temannya, dan mungkin akan kembali berlibur di Pulau Siladen karena pantai dan pasir putihnya yang indah.

“Fasilitasnya mungkin perlu diperbaiki karena saya lihat air kerannya kadang tidak jalan tetapi secara umum sudah baik,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.