Sukses

Dukung Pembangunan IKN, LANP Pastikan Tetap Jaga Adat dan Budaya Kaltim

Dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara terus mengalir di tengah percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah. Salah satunya dari Lembaga Adat Negeri Paser (LANP), meski demikian pihaknya akan tetap menjaga adat, budaya dan kesenian Kaltim agar terus dilestarikan.

Liputan6.com, Balikpapan - Mulai pesatnya pembangunan di wilayah Kalimantan Timur saat ini merupakan dampak positif dari pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pembangunan saat ini tidak hanya dilakukan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), namun juga di wilayah sekitarnya termasuk di kota penyangga seperti Balikpapan dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Sejumlah pihak pun terus mendukung dengan percepatan pembangunan yang berjalan saat ini. Salah satunya datang dari Lembaga Adat Negeri Paser (LANP). Ketua LANP Luciana mengatakan, pemindahan IKN sejak awal sudah menjadikan Kaltim lebih baik. Karena itu sejak awal pula, pihaknya mendukung pemerintah untuk memindahkan dan membangun IKN Nusantara di Kaltim.

"Kami Lembaga Adat Negeri Paser mendukung pemindahan dan pembangunan IKN di Kaltim," tegas Luciana, Sabtu (29/4/2023).

Perempuan yang membawahi LANP di Balikpapan, Samboja (Kutai Kartanegara) dan Penajam Paser Utara (PPU) tersebut melihat banyak manfaat dengan adanya pemindahan IKN di Kaltim. Seperti pembangunan infrastruktur, kesehatan, dan pengembangan sumber daya manusia.

"Terbukti infrastruktur jalan sudah naik, kesehatan semakin diperhatikan dan pengembangan sumber daya manusia khususnya masyarakat di Kaltim semakin maju," jelasnya.

Luciana pun menyebut, dirinya telah diundang ke sejumlah acara. Termasuk undangan dari DPRD Kaltim di Balikpapan terkait sosialisasi rancangan undang - undang menjaga adat, budaya dan kesenian lokal Kaltim.

"Kami Lembaga Adat Negeri Paser juga telah berpartisipasi dalam kegiatan deklarasi mendukung pemindahan dan pembangunan IKN di Kaltim di Titik Nol IKN," ungkapnya.

Luciana menegaskan, dia dan lembaga yang dipimpinnya akan terus mendukung program-program pemerintah khususnya terkait pemindahan dan pembangunan IKN di Kaltim. "Kami akan terus mengawal dan mendukung pemindahan dan pembangunan IKN di Kaltim," pungkasnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.