Sukses

3 Tongkang Liar Akibat Angin Kencang Seruduk Sejumlah Rumah Warga di Tapin

Perahu besar pengangkut barang berbahan besi itu ditambat di pohon-pohon.

Liputan6.com, Tapin - Hilir mudik tongkang, angkutan material tambang Batu bara sedang istirahat hari raya Idul Fitri 1444 Hijrah/2023. Perahu besar pengangkut barang berbahan besi itu ditambat di pohon-pohon.

Diduga akibat cuaca angin kencang, tiga unit tongkang lepas dari tambatan dan lepas kendali. Selanjutnya menabrak sejumlah rumah warga di Desa Keladan Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu sore (22/4/2023).

“Awal mula faktor alam, angin kencang habis itu tongkangnya lepas tali tambat,” sebut Adi Chandra.

Pria paruh baya itu menuturkan jika kejadian tongkang menghantam rumah warga itu bermula dari tongkang milik MZB yang terlepas. Kemudian tongkang Rimau juga menabrak lepas dan menabrak MZB dan mengarah ke pinggir.

Tak lama kemudian, datang lagi tongkang Hasnur menabrak buritan Tongkang MZB.

“Lalu tongkang memutar menuju ke arah kampung,” lanjut Adi Candra.

Akibat angin yang kencang, tiga tongkang itu terombang-ambing di anak sungai Barito. kejadian tersebut akhirnya menabrak pemukiman warga.

Disebutkan pula jika pohon tempat menambat tali tongkang tumbang. Tongkang-tongkang yang lepas sedang dalam kondisi tidak beraktivitas.

Saat ini pihak Polsek Candi Laras Utara sedang melakukan pengecekan kejadian tersebut. Kemudian jumlah rumah dan jumlah kerugian yang dialami  oleh warga yang terdampak belum dapat dipastikan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.