Sukses

Jelang Lebaran, Permintaan Kendaraan di Pasar Mobil Kemayoran Alami Peningkatan

Menjelang Lebaran, aktivitas bisnis dan perdagangan di kawasan Pasar Mobil Kemayoran (PMK) menunjukkan peningkatan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas bisnis dan perdagangan di kawasan Pasar Mobil Kemayoran (PMK) mulai kembali normal dan terus menunjukkan pertumbuhan positif pasca pandemi Covid-19. Hingga pertengahan bulan Ramadan, penjualan kendaraan seperti mobil hingga aksesoris kendaraan melonjak hingga 70 persen.

"Apalagi menjelang musim mudik ini. Jelang lebaran, permintaan kendaraan di Pasar Mobil Kemayoran (PMK) terus naik. Jenis kendaraan yang mengalami peningkatan permintaan adalah mobil keluarga," kata General Manager PMK, Subiyantoro, Senin (10/4/2023).

Pasar Mobil Kemayoran merupakan unit bisnis dari Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran). Saat ini terdapat sekitar 200 showroom jual-beli mobil, yang mampu menampung lebih dari 2000 unit mobil, 700 toko aksesoris, serta bengkel untuk perbaikan mobil maupun motor.

Subiyantoro menekankan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan layanan di Pasar Mobil Kemayoran yang dikelola Pusat Pengelola Komplek (PPK) Kemayoran. Sebagai pengelola, PPK Kemayoran kini sedang melakukan revitalisasi seperti perbaikan jalan, tempat penampungan sampah hingga perbaikan saluran air.

Selain menjadi pusat penjualan mobil, PMK juga dilengkapi dengan berbagai layanan bengkel maupun penjualan sparepart dan aksesoris. Adapun peningkatan perawatan yang banyak dilakukan diantaranya perbaikan aki dan mesin, ganti oli, cek air radiator, tekanan ban kampas rem hingga pendingin atau air conditioner.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan penjualan

David, pemilik salah satu showroom mobil di PMK mengatakan, sejak memasuki bulan Ramadan, PMK sudah mulai merasakan peningkatan konsumen.

"Lonjakan permintaan kendaraan selama bulan Ramadan hingga puncak mudik nanti bisa mencapai 50-70 persen dibanding pada hari-hari biasa," ujarnya.

Sementara itu menurut Iwan, salah satu penjual aksesoris kendaraan di PMK, permintaan boks DVD audio juga naik tajam karena pemudik umumnya butuh hiburan untuk perjalanan jauh.

"Selain aksesori audio, permintaan yang tak kalah banyak adalah pergantian jok hingga penambahan bagasi di atap kendaraan," ujarnya.

Menjadi pusat penjualan kendaraan di Ibu Kota Jakarta, PMK ternyata juga menjadi tujuan konsumen dari berbagai wilayah di Indonesia. Pedagang maupun pembeli semakin banyak yang memanfaatkan penjualan berbasis digital, khususnya untuk permintaan aksesoris kendaraan.

Bagi pengunjung yang ingin berbelanja langsung, Pasar Mobil Kemayoran dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Berlokasi di pusat kota Jakarta, akses menuju PMK relatif mudah dijangkau.

Lokasinya dekat dengan Pintu Tol Kemayoran, sehingga dapat dijangkau dari berbagai arah. Berbagai fasilitas juga disediakan bagi konsumen seperti masjid, toilet dan keamanan 24 jam.

Sementara itu bagi tenant yang berbisnis di PMK diberikan benefit berupa tarif parkir yang lebih murah dibandingkan dengan parkir regular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.