Sukses

Kulik-Kulik Kuliner Indonesia, Ini Deretan 'Food Vlogger' Populer

Beberapa food vlogger di Indonesia berhasil memanfaatkan fenomena tersebut dengan menyajikan konten-konten menarik dan informatif.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain beauty vlogger, food vlogger juga menjadi salah satu fenomena populer di Indonesia. Konten berbagi informasi tentang makanan ini menjadi semakin merajalela di beranda YouTube.

Beberapa food vlogger di Indonesia berhasil memanfaatkan fenomena tersebut dengan menyajikan konten-konten menarik dan informatif. Berikut deretan food vlogger Indonesia yang populer:

1. Ria SW 

Ria SW merupakan wanita asal Jakarta yang sudah lebih dari 6 tahun berkutat di dunia kuliner YouTube. Ia merupakan lulusan London School of Public Relations.

Sebelum menjadi food vlogger, ia telah lama berkutat sebagai tim kreatif. Ia pernah membuat tiga program di Malesbangetdotcom (MBDC), yaitu 'Two Side Make-Up', 'food series NyamNyamNyam', dan 'Ria’s Vlog'.

Pada 2016, ia memutuskan fokus membuat channel YouTube sendiri yang didominasi tema kuliner. Kini, jumlah subscriber yang dimilikinya mencapai 4,15 juta. Selain sebagai food vlogger, ia juga sempat merilis buku berjudul 'Off the Record' pada 2018 silam.

2. Nex Carlos

Food vlogger yang satu ini terkenal dengan jargonnya 'makan cuy'. Ia merupakan Nex Carlos yang kerap mencari beberapa tempat makan enak tersembunyi dan belum banyak diketahui atau yang biasa disebut hidden gem.

YouTuber yang lahir pada 4 November 1986 ini telah memiliki 4,71 juta subscriber. Selain seorang food vlogger, ia juga pandai dalam marketing.

Terbukti, ia telah bekerja sama dengan sejumlah brand di beberapa kontennya dan selalu mengenakan kaus dengan desain yang berhubungan dengan konten YouTube-nya. Kaus tersebut juga ia jual sebagai merchandise.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mgdalenaf

3. Mgdalenaf

Mgdalenaf adalah food vlogger yang memiliki latar belakang pendidikan di jurusan Kriminologi Universitas Indonesia. Meski tak berhubungan dengan latar pendidikannya, Mgdalenaf cukup berhasil terjun ke dunia YouTube.

Wanita kelahiran 29 April 1994 ini membuat konten YouTube video mukbang dengan porsi yang bukan main. Melalui jargon 'bar-bar kuy', ia kini telah memiliki 4,23 juta subscriber.

4. Jessica Jane

Jessica Jane merupakan adik dari YouTuber game ternama Indonesia, Jess No Limit. Wanita kelahiran 20 Agustus 1999 ini merupakan salah satu food vlogger populer di Indonesia dengan total 11,2 juta subscriber.

Tak hanya fokus dengan satu tema konten, ia juga memiliki berbagai ide konten beragam, seperti game, kecantikan, challenge, makan-makan, dan lainnya. Uniknya, ia justru memulai kariernya sebagai beauty vlogger pada 13 April 2018. Namun, pada 6 Mei 2021, namanya semakin melejit melalui video challenge mukbang samyang. 

5. Tanboy Kun

Tanboy Kun merupakan food vlogger yang terkenal dengan konten mukbang makanan pedas porsi jumbonya. YouTuber dengan nama asli Bara Ilham Bhakti Perkasa ini adalah pemuda asal Padang yang lahir 18 November 1993.

Selain konten mukbang, ia juga sering kali membuat konten challenge di akun YouTube-nya. Kini, ia telah memiliki subscriber sebanyak 17,4 juta. Ia mulai fokus dengan konten YouTube sejak 27 Oktober 2016 lalu.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.