Sukses

Menikmati Serunya Berburu Kuliner Buka Puasa di 'Tentang Kuliner x QRIS Spesial Ramadan Makassar'

Perluas Penggunaan QRIS, Bank Indonesia Gandeng Bazar Ramadan Tentang Kuliner

Liputan6.com, Jakarta Sebagai inovasi penyatuan berbagai macam QR dari Bank Indonesia (BI), Qris kini menjadi salah satu metode pembayaran yang paling banyak diminati masyarakat. Selain mudah, Qris juga hanya perlu satu QR Code untuk segala jenis aplikasi dan digital payment. 

BI telah melakukan berbagai inovasi dan cara untuk memperluas penggunaan QRIS. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggandeng pihak culinary market Tentang Kuliner yang mengadakan bazar Ramadan di area Rooftop Nipah Park Makassar, mulai hari Sabtu (25/3/2023) hingga 19 April 2023 mendatang. 

Tak cuma berburu kuliner di 50 merchant yang telah disiapkan, para pengunjung juga bisa menikmati sejumlah aktivitas menarik yang sudah disiapkan. Mulai dari kids playground, talkshow, creative workshop, fashion and handcraft bazaar, community activity, esport competition serta penampilan sejumlah grup musik Makassar. 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rudi Bambang Wijanarko mengatakan bahwa segala transaksi yang dilakukan dalam bazaar Ramadan ini hanya dilakukan melalui QRIS. Pihaknya juga sudah menyiapkan program lain untuk pengunjung. 

"Jadi di sini memang di-set agar teman-teman semua dan para pengunjung hanya melakukan transaksi digital. Dalam hal ini adalah QRIS," ujarnya di hadapan para undangan dan awak media dalam acara pembukaan yang berlangsung pada Sabtu sore (25/3/2023).

Selain itu, dalam waktu dekat BI juga akan menyediakan outlet penukaran uang di bazar Ramadan tersebut. Para pengunjung yang datang pun tak lagi perlu repot-repot ke Bank untuk menukar uang baru. 

"Selain itu, mulai hari Senin ini (27/3/2023) akan ada penukaran uang di sini. Penukaran uangnya bisa dilakukan oleh pengunjung bazaar Ramadan ini atau juga pengunjung Nipah Park," imbuhnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdayakan UMKM Makassar

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem mengapresiasi kegiatan UMKM yang juga melibatkan digitalisasi. Pengalaman pandemi COVID-19 membuat virtual restaurant atau ghost kitchen tumbuh pesat dan sangat bergantung pada teknologi. 

"Ini sejalan juga dengan dengan semangat Bank Indonesia untuk melakukan digitalisasi payment. Kita tahu beberapa program juga sudah menyasar ke situ. Mau tidak mau, UMKM kuliner di Kota Makassar ini harus go digital, bukan lagi sekadar naik kelas," ujar Roem. 

Hal itu, lanjutnya, dinilai bisa membawa dampak positi yang siginifikan bagi para pelaku UMKM. Para pelaku UMKM pun diminta bisa beradaptasi dengan cepat untuk bisa menerima pesatnya kemajuan teknologi, termasuk digital payment. 

"Tentu saja agar ini bisa membawa dampak yang signifikan untuk pasar mereka. Memang masih ada keluh kesah terkait digitisasi. Tapi ini diharap membuat pelaku UMKM lantas patah semangat sehingga bisa perlahan-lahan go digital," sambungnya. 

Lebih jauh, Wahyu Al Mardhani selaku Creative and Brand Strategist Tentang Kuliner mengatakan bahwa pihaknya sudah cara untuk memudahkan proses digital payment dalam situasi pengunjung tidak bisa melakukan transaksi dengan QRIS karena belum mengunduh aplikasi, kuota internet habis atau hanya memiliki uang tunai. 

"Kami sudah menyiapkan panitia yang akan membantu pembayaran. Pengunjung memberi uang, lalu panitia akan melakukan transaksi QRIS dengan nominal yang sesuai dengan jumlah dan harga pesanan pengunjung tersebut di merchant yang ia pilih," jelasnya. 

Selain itu, grand prize dua unit motor Honda juga sudah disediakan oleh Bank Indonesia. Masing-masing untuk merchant yang paling aktif bertransaksi QRIS ditambah penilaian lainnya, serta untuk pengunjung dengan cara harus mengisi form khusus di tenant Bank Indonesia. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.