Sukses

7 Kuliner Dekat Alun-Alun Bandung Ini Cocok untuk Ngabuburit

Jika tertarik, berikut 7 rekomendasi kuliner dekat Alun-Alun Bandung, cocok untuk ngabuburit.

Liputan6.com, Bandung - Bandung dikenal memiliki ragam tempat wisata menarik, mulai dari wisata alam hingga kuliner yang melimpah. Salah satu tempat wisata kuliner yang populer di kota kembang ini adalah Alun-alun Bandung.

Ada banyak kuliner dekat Alun-Alun Bandung yang terkenal lezat dan menggugah selera. Tidak heran, aneka kuliner dekat Alun-alun Bandung menjadi tempat berburu kuliner populer.

Terlebih saat Ramadan tiba, Alun-Alun Bandung menjadi pusat berbagai kuliner yang cocok untuk berbuka.

Jika tertarik, berikut 7 rekomendasi kuliner dekat Alun-Alun Bandung, cocok untuk ngabuburit.

1. Toko Kue Lakker

Kuliner dekat Alun-Alun Bandung yang cocok sebagai menu buka puasa selanjutnya adalah aneka kue dari Toko Kue Lekker. Toko Kue Lakker juga merupakan salah satu pusat produksi aneka kue jadul yang legendaris di Bandung.

Toko roti ini berdiri pada tahun 1986 dan masih mempertahankan resepnya hingga saat ini. Menu andalan toko kue unik ini adalah aneka roti-rotian tradisional Indonesia hingga luar negeri.

Tentu tidak hanya aneka kue basah, Toko Kue Lekker juga menyediakan berbagai menu kue kering yang menjadi primadona. Aneka kue yang dijajakan dibanderol mulai dari Rp 2000 - Rp 28.000.

Toko kue legendaris ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00 - 20.00 WIB. Pusat jajanan ini dekat dengan Alun-alun Bandung, tepatnya berada di jalan Braga No. 83, Sumur.

2. Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi merupakan salah satu kuliner legendaris asal Bandung. Toko roti yang berdiri sejak tahun 1950-an ini menjual berbagai jenis roti jadul.

Menu andalan Toko Roti Sidodadi ini adalah roti hord yang berbentuk kerucut dengan isian vla coklat. Isian roti yang penuh dengan rasa tidak terlalu manis, menjadikan jenis roti ini selalu laris diburu pembeli.

Aneka roti jadul buatan toko roti legendaris ini dijual dengan harga mulai dari Rp 4000 - Rp 5000. Toko Roti Sidodadi buka setiap Senin - Sabtu, mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB.

Khusus hari Minggu dan tanggal merah lainnya, toko ini buka mulai pukul 10.00 - 15.00 WIB. Lokasi Toko Roti Sidodadi tidak jauh dari Alun-alun Bandung, hanya sekitar 10 - 15 menit berjalan kaki.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rumah Makan Linggarjati

3. Rumah Makan Linggarjati

Rumah makan linggarjati sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Tempat makan ini disebut-sebut sebagai pelopor mie yamin di Bandung.

Tempat makan ini menyajikan mie ala Tiongkok ala rumahan yang diproduksi sendiri. Seporsi mie di sini disajikan bersama suwiran ayam, daun bawang cincang, seledri, dan kuah yang gurih.

Selain itu, ada beberapa varian topping yang dapat dipesan, mulai dari babat, pangsit, hingga bakso. Aneka menu mie di rumah makan Linggarjati dibanderol mulai dari Rp5.000 hingga Rp80.000.

Rumah makan Linggarjati terletak di gang kecil sekitar Alun-Alun Bandung. Meskipun berada di dalam gang, tempat makan ini selalu ramai diserbu para pecinta kuliner.

Rumah makan Linggarjati berada di Jalan Baloggede Nomor 1, Regol, Kota Bandung. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 18.30 WIB.

4. Warung Kopi Purnama

Kuliner dekat Alun-alun Bandung yang cocok sebagai menu ngabuburit selanjutnya adalah Warung Kopi Purnama. Tempat ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Bandung yang sudah berjualan sejak tahun 1030-an.

Salah satu menu andalan tempat ini adalah oalah roti srikaya. Roti srikaya yang ditawarkan menggunakan selain yang dibuat dari resep turun temurun.

Roti srikaya ini paling cocok dinikmati dengan segelas kopi hitam panas yang menggunakan bubuk kopi Aroma. Kopi yang digunakan berasal dari pabrik kopi legendaris yang terletak tak jauh dari Warung Kopi Purnama.

Satu porsi roti srikaya dengan selain yang khas dibanderol mulai dari Rp 18.00 saja. Sedangkan aneka menu makanan lainnya juga dibanderol dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 15.000 - Rp 45.000.

Warung Kopi Purnama buka setiap hari, mulai pukul 06.30 - 22.00 WIB. Warung Kopi Purnama terletak tak jauh dari Alun-alun Bandung.

Untuk menuju kesana, dari Alun-alun Bandung pengunjung dapat berjalan kaki ke arah Jalan Alkateri sekitar 10 menit.

5. Sumber Hidangan

Es krim jadul ala Sumber Hidangan menjadi jajanan dekat Alun-alun Bandung yang cocok untuk berbuka selanjutnya. Sumber Hidangan menjual berbagai jenis makanan klasik dan jadul yang sudah populer.

Salah satu menu andalannya adalah es krim jenis noga. Es krim noga bercita rasa manis yang tidak terlalu kuat, ditambah tekstur yang renyah dari noga memberikan sensasi berbeda. saat disantap.

Selain es krim, Sumber Hidangan juga menjual aneka roti dan kue kering, baik tradisional maupun kue-kue Belanda. Aneka es krim dan roti di tempat ini dibanderol mulai dari Rp 11.000 - Rp 32.000.

Sumber Hidangan berada di Jalan Braga No. 20-22. Sumber Hidangan buka setiap Senin – Sabtu pukul 09.00 – 15.30 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Sate DJ

6. Sate DJ

Sate DJ atau Satai DJ merupakan salah satu kuliner unik dekat Alun-alun Bandung yang wajib dicicipi. Warung satai yang merupakan singkatan dari Satai Di Jalan ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman atau 10 menit dari Alun-alun Bandung.

Sate DJ jadi salah satu variasi satai yang cukup unik. Bukan seperti satai pada umumnya yang menggunakan bumbu kecap atau kacang.

Satai khas DJ ini berbumbu kering serupa satai taichan. Ada dua pilihan rasa, yaitu asin pedas dan asin sedang.

Satai dicelupkan lebih dahulu ke bumbu rahasia. Setelahnya, baru dibakar hingga kering.

Rasa satai sangat lembut dengan potongan yang tipis dan lembut. Ada tiga pilihan daging, yaitu sate ayam, sate sapi, dan sate kambing.

Namun, jika pelanggan menginginkan bumbu kacang tambahan, di sini juga tersedia. Untuk harganya sangat terjangkau, satu tusuk sate ayam dijual Rp 1.500 saja.

Sementara untuk sate sapi dan sate kambing, dijual Rp 1.700 per tusuknya. Sate DJ juga tidak membuka cabang di tempat lain, warung ini buka setiap hari pukul 18.00 – 02.00 WIB.

7. Wedang Ronde Alkateri

Wedang ronde adalah sajian yang dipengaruhi sajian China bernama tangyuan. Ronde sendiri adalah bola-bola kenyal dengan isian pasta kacang manis dan disajikan dengan wedang, berupa cairan gula dan jahe.

Bola-bola ronde di sini ada yang kecil dan besar. Bola yang kecil tak ada isiannya, sementara yang besar punya isian kacang manis dengan tekstur yang sedikit kasar memberikan sensasi yang berbeda.

Kuahnya juga istimewa, ada pilihan kuah gula putih dan gula merah. Gula merah lebih enak dan populer karena terdapat sensasi gurih ala gula merah yang berbeda.

Salah satu yang membuat olahan wedang ronde ini istimewa adalah larutan jahenya dipisah dari larutan gula. Pengunjung dapat memilih ingin rasa jahe sekuat apa.

Setiap porsi wedang ronde ini dihargai Rp 20.000 dengan pilihan bola-bola ronde dengan gula merah atau putih yang dikombinasikan sesuka hati. Warung Wedang Ronde Alkateri ini agak kecil, sehingga ada baiknya pelanggan datang tak terlalu malam.

Wedang Ronde Alkateri telah berdiri sejak 1984. Berlokasi di Jalan Alkateri No.01, Braga, Wedang Ronde Alkateri buka Senin – Sabtu pukul 18.00 – 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.