Sukses

Menko Luhut Sebut Danau Toba Akan Jadi Perbincangan Dunia Karena F1 Powerboat

Sepanjang akhir pekan ini, Jumat, 24 Februari hingga Minggu, 26 Februari 2023, Balige di Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) dihadiri ribuan orang dari berbagai penjuru dunia untuk menyaksikan even interasional F1 Powerboat Danau Toba.

Liputan6.com, Balige Sepanjang akhir pekan ini, Jumat, 24 Februari hingga Minggu, 26 Februari 2023, Balige di Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) dihadiri ribuan orang dari berbagai penjuru dunia untuk menyaksikan even interasional F1 Powerboat Danau Toba.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Invstasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, selaku tuan rumah pelaksanaan F1 Powerboat, Danau Toba akan menjadi perbincangan dunia.

"Karena dari laporan yang saya dapat, kita akan ditonton lebih dari 18 juta orang. Saya kira, tidak pernah terbayangkan Danau Toba akan dilihat live oleh 18 juta penonton," kata Luhut, saat konferensi pers di Media Center, Pelabuhan Mulia Raja, Balige, Toba, Jumat (24/2/2023).

Luhut juga mengucapkan terima kasih Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Bupati Toba, Poltak Sitorus, dan juga kepada seluruh pihak yang terlibat pada pagelaran F1 Powerboat Danau Toba.

"Saya senang, TNI, Polri, juga dari kesehatan, dan media. Saya berharap, penyelenggaraan mulai hari ini sampai Minggu, 26 Februari 2023, yang direncanakan Bapak Presiden (Jokowi) akan hadir, akan mendorong menjadi hal yang baik," sebutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diharapkan Berkesinambungan

Diungkapkan Luhut, dia sempat berbicara dengan Founder H2O Racing, Nicolo Di San Germano. Luhut menyampaikan kepada Nicolo agar F1 Powerboat bisa berturut-turut selama 5 tahun digelar di Danau Toba.

"Tapi, Nicolo bilang tadi kenapa hanya 5 tahun, 50 tahun pun boleh," ungkapnya.

Menurut Luhut, Nicolo sangat puas dengan kerja sama tim yang diberikan, karena semua bekerja di sini. Tidak bisa dipungkiri, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dan Bupati Toba, Poltak Sitorus telah memberikan sumbangan seperti fasilitas kesehatan luar biasa.

"Semua prosedur-prosedur untuk menjaga-jaga kalau terjadi halyang tidak bagus juga sudah diantisipasi," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Sampaikan World Super Bike

Kepada semua pihak, Luhut mengajak untuk berdoa, semoga penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba bisa berjalan dengan bagus. Luhut juga menyampaikan, minggu depan tanggal 3 sampai 5 Maret 2023 akan diselenggarakan Worl Super Bike di Mandalika, Lombok.

"Lima turis destinasi ini kita dorong betul-betul supaya hebat," ujarnya.

Soal perputaran ekonomi, dakui Luhut Binsar Pandjaitan, even F1 Powerboat Danau Toba membuat perputaran ekonomi langsung hampir Rp 300 miliar selama beberapa hari. Gerakannya bisa lebih besar lagi.

"Jika kita semua bekerja dengan baik, dengan hati, tidak ada ang tidak bisa kita tidak capai. Semua kita harus kompak. Sekali terima kasih," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.