Sukses

Kemenkumham Babel Hadiri Dialog Pembumian Pancasila Bersama BPIP

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Harun Sulianto menghadiri kegiatan Dialog Gotong Royong Pembumian Pancasila.

Liputan6.com, Bangka Belitung - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Harun Sulianto menghadiri kegiatan Dialog Gotong Royong Pembumian Pancasila.

Harun Sulianto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan diskusi dengan tim Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terkait harmonisasi produk hukum daerah agar selalu memasukkan parameter Pancasila.

"Berdasarkan peraturan BPIP Nomor 4 Tahun 2022 tentang indikator nilai Pancasila telah ditentukan 25 indikator yang menjadi parameter dalam pembentukan peraturan perundang-undangan," ungkap Harun, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/2/2023).

Sementara itu, Kepala BPIP Yudian Wahyudi turut menjelaskan maksud dan tujuannya berkunjung ke Babel yakni untuk mengingatkan semangat gotong royong yang dilakukan dalam semua bidang, termasuk pemerintah, akademisi, dunia usaha, media dan masyarakat.

"Menumbuhkan semangat gotong royong dan kerjasama dalam berbagai hal," ujar Yudian Wahyudi.

Hal senanda juga dikatakan Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaludin dalam sambutannya mengatakan bahwa Bangka Belitung memiliki masyarakat dengan rasa gotong rotong dan toleransi yang tinggi, serta kerukunan antar umat beragama sangat baik.

“Saat ini Bangka Belitung sedang berupaya untuk fokus membina para pemuda agar dapat membumikan pancasila di Bumi Serumpun Sebalai ini,” ungkap Ridwan.

Acara tersebut juga dihadiri para pejabat BPIP lainnya yaitu Sekretaris Utama Adhianti, Deputi Hubungan Antar Lembaga Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan Prakoso, dan Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi Kemas Tajuddin.

Sementara itu dari pihak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hadir Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Bupati Belitung Timur Burhanudin, dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Babel Makmun serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan perwakilan bupati/wali kota.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.