Sukses

9 Es Krim Jadul di Indonesia, Favorit Anak 90-an

Berikut 9 es krim jadul di Indonesia yang jadi favorit anak 90-an:

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat ini, banyak jenis eskrim kekinian yang digemari segala usia. Sebelum adanya es krim tersebut, dahulu juga terdapat beberapa jenis es krim yang banyak dicari.

Bagi anak 90-an, saat mendengar beberapa nama es krim jadul tersebut pasti akan terbayang memori masa lalu yang dirindukan.

Berikut 9 es krim jadul di Indonesia yang jadi favorit anak 90-an:

1. Es dung-dung 

Es dung-dung, es tung-tung, atau es puter, identik dengan suara 'dung-dung' yang dibunyikan penjualnya. Dari sanalah nama dung-dung berasal.

Es ini biasanya disajikan dengan dua cara, salah satunya dengan menggunakan cone tipis dan bisa langsung dimakan. Selain itu, juga bisa dengan meletakkan es krim di tengah lembaran roti.

2. Es gabus 

Es gabus adalah es krim zaman dulu yang terbuat dari tepung hunkue. Adonan tepung yang sudah dimasak kemudian dibekukan hingga menjadi es.

Es gabus biasanya berbentuk kotak dan berwarna-warni. Setelah dipotong dari adonannya, es gabus diberi lapisan plastik agar mudah dipegang. 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Es Goyang

3. Es goyang 

Es goyang menjadi salah satu es krim jadul favorit warga Jakarta. Cara membuat es goyang cukup unik, yakni dengan mengoyang-goyangkan gerobaknya.

Es goyang memiliki rasa yang bervariasi, seperti rasa cokelat, vanila, kacang hijau, dan buah-buahan. Sebelum disajikan, es goyang dicelupkan ke dalam cairan cokelat terlebih dulu.

Terkadang ada juga penjual yang menambahkan cincangan kacang sebagai pelengkapnya. Tambahan kacang tersebut membuat tampilan es krim mirip seperti es krim berharga mahal.

4. Es kado

Es kado hampir sama dengan es potong. Perbedaannya hanya terletak pada bentuknya saja.

Umumnya, es potong berbentuk tabung, sedangkan es kado berbentuk kotak. Es kado umumnya dibungkus menggunakan kertas kado tipis, sedangkan es potong biasanya memakai plastik.

5. Es lilin 

Es lilin merupakan salah satu es krim jadul yang disajikan di dalam wadah plastik. Ada beragam rasa es lilin yang biasa dijual, seperti cokelat, aneka buah-buahan, kacang hijau, teh, hingga rujak.

Es lilin dibuat dengan cara memasukkan adonan es ke dalam plastik. Kemudian, adonan dibekukan dan dinikmati dengan cara dihisap dan digigit.

Beberapa masyarakat juga mengenal es lilin dengan sebutan es mambo. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa keduanya berbeda.

 

3 dari 3 halaman

Es Mony

6. Es Mony

Es Mony merupakan salah satu merek es krim jadul yang menjadi favorit anak-anak pada zamannya. Es krim ini berbentuk segitiga dan mempunyai banyak rasa, mulai dari rasa jeruk, stoberi, anggur, dan lainnya.

7. Es potong 

Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, es potong memiliki kemiripan dengan es kado. Es potong berbentuk tabung memanjang.

Es potong disajikan dengan cara dipotong lalu ditusuk menggunakan lidi atau stik es. Sama seperti es goyang, es potong juga dicelupkan ke cairan cokelat terlebih dulu sebelum dihidangkan.

8. Es serut pelangi

Beberapa daerah menyebut es serut dengan julukan es gosrok. Es serut dibuat dengan cara menyerut atau menggosok es. Es tersebut kemudian dibentuk dan diberi sirup warna-warni, layaknya pelangi.

9. Es Wawan

Es wawan atau es jolly berbentuk bulat memanjang dan bisa dibagi menjadi dua bagian. Anak-anak biasanya membeli setengah porsi atau separuh potong saja.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.