Sukses

KAI Buka Lowongan Kerja, Berikut Persyaratan dan Formasinya

Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru saja mengumumkan lowongan pekerjaan. Informasi tersebut diunggah pada Jumat (10/02/2023).

Liputan6.com, Bandung - Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru saja mengumumkan lowongan pekerjaan. Informasi tersebut diunggah pada Jumat (10/2/2023).

Adapun formasi yang dibuka adalah kebutuhan untuk pekerja formasi operasional dan kondektur untuk PT KAI. Melansir dari situs resminya, prioritas penempatan ini untuk kebutuhan kerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

"Prioritas penempatan untuk memenuhi kebutuhan pekerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang),” mengutip dari recruitment.kai.id.

Pendaftar pun bisa untuk lulusan SMA, D3, D4, dan S1 serta bisa mendaftar langsung secara online melalui situs resmi rekrutmen KAI. Kemudian juga lowongan pekerjaan ini ditutup hingga tanggal 12 Februari mendatang.

Lowongan ini diperuntukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI), berjenis kelamin pria, dan mempunyai tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan ideal. Adapun usia pelamar per 1 Februari setiap lulusan mempunyai usia berbeda.

Minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun untuk lulusan SMA, minimal 20 tahun dan maksimal 27 tahun untuk lulusan D3, serta minimal 21 tahun dan maksimal 30 tahun untuk lulusan D4/S1.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketentuan Khusus Pelamar PT KAI

Ada beberapa ketentuan khusus untuk pelamar PT KAI mengutip dari situs resminya, berikut ini adalah ketentuan-ketentuannya:

1. Prioritas penempatan untuk memenuhi kebutuhan pekerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang).

2. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero).

3. Bersedia ditempatkan atau dialihkan pada formasi sesuai kebutuhan dan aturan yang berlaku di PT Kereta Api Indonesia (Persero).

4. Penetapan formasi pekerjaan didasarkan pada hasil seleksi rekrutmen masing-masing pelamar dan kebutuhan perusahaan.

5. Pemilihan lokasi seleksi tidak menentukan lokasi penempatan kerja.

6. Bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi.

3 dari 3 halaman

Persyaratan Umum Lamaran

Berikut ini persyaratan umum yang harus pelamar miliki:

1. Pas foto terbaru.

2. Ijazah SLTA/D3/D4/S1 asli atau fotocopy legalisir.

3. Transkrip nilai untuk tingkat pendidikan SLTA menggunakan SKHUN atau fotocopy legalisir. Khusus untuk SLTA yang lulus mulai tahun 2020 dan setelahnya menggunakan nilai ujian sekolah pada bagian belakang ijazah.

4. Transkrip nilai untuk D3/D4/S1 menggunakan asli atau fotocopy legalisasi.

5. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan yang masih berlaku.

6. Akreditasi jurusan program studi D3/D4/S1 ketika tanggal kelulusan.

7. Untuk pelamar tingkat pendidikan D3 dan D4/S1 wajib melampirkan ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK).

8. Untuk pelamar tingkat pendidikan D3 wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal TOEFL ITP 400, TOEFL PBT/iBT 32, TOEIC 345, dan IELTS 4,5.

9. Untuk pelamar tingkat pendidikan D4/S1 wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal TOEFL ITP 500, TOEFL PBT/iBT 61, TOEIC 500, dan IELTS 5,5.

10. Untuk pelamar khusus formasi SLTA kondektur wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal TOEFL ITP 350, TOEFL PBT/iBT 20, TOEIC 260, dan IELTS 2,5.

Lebih jelasnya lagi Anda bisa melihatnya secara detail melalui situs rekrutmen resmi dari PT KAI yaitu recruitment.kai.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.