Sukses

Wisata Tujuh Air Terjun di Curug Cilember Bogor yang Dipercaya Jadi Tempat Mandi Putri Prabu Siliwangi

Pada 2000-an, air terjun ini mulai dibuka untuk umum dan hingga saat ini menjadi salah satu destinasi wisata Bogor yang banyak dikunjungi.

Liputan6.com, Bogor - Kota Bogor memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Salah satu destinasi wisata alam yang dimiliki kota ini adalah Curug Cilember.

Curug Cilember berlokasi di Desa Cilember, tepatnya di Jalan Raya Puncak No KM 15, Kecamatan Megamendung, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Sesuai namanya, destinasi wisata ini menawarkan keindahan dan kesejukan wisata air terjun.

Awalnya, Curug Cilember bukan merupakan tempat wisata. Pada 2000-an, air terjun ini mulai dibuka untuk umum dan hingga saat ini menjadi salah satu destinasi wisata Bogor yang banyak dikunjungi.

Curug Cilember memiliki daya tarik utama yang cukup menarik, yaitu adanya tujuh air terjun. Tujuh air terjun ini berada di lokasi yang berbeda-beda.

Jarak antara air terjun yang satu dengan lainnya kira-kira antara 150-800 meter. Untuk dapat berpindah dari air terjun satu ke air terjun lainnya, kamu harus mendaki terlebih dahulu.

Tak hanya perihal jumlah air terjun, destinasi wisata Bogor ini juga menyimpan legenda. Konon, dulunya destinasi wisata ini merupakan tempat mandi putri-putri dari Kerajaan Siliwangi.

Hal ini diperkuat dengan adanya beberapa makam keramat keturunan Prabu Siliwangi yang berada di atas lokasi air terjun. Beredar pula kepercayaan bahwa orang yang mandi di air terjun tersebut akan awet muda, mudah jodoh, dan bisa dihilangkan penyakitnya.

Selain keindahan air terjun, destinasi wisata ini juga semakin terasa sejuk dengan adanya hutan pinus asri. Saat memasuki kawasan wisata Curug Cilember, pengunjung akan disambut dengan hutan taman Agathis seluas 2 hektare yang di dalamnya terdapat hutan pinus.

Pohon-pohon pinus tersebut bahkan usianya ada yang sudah mencapai puluhan hingga ratusan tahun. Kamu bisa menggunakan lokasi hutan pinus sebagai tempat berkemah.

Bukan itu saja, Curug Cilember juga memiliki taman konservasi kupu-kupu. Taman ini berupa tempat penangkaran puluhan jenis spesies kupu-kupu yang berbentuk kubah jaring raksasa dengan konsep green house. Taman seluas 500 meter ini juga ditumbuhi banyak bunga.

Untuk menambah kelengkapan berwisata, di sini kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas seru dan menantang. Kamu bisa memainkan aneka wahana outbond, seperti flying fox, panahan, sepeda layang, shooting target, dan lainnya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.