Sukses

Sinergi dan Kerja Sama Adeksi dengan Lemhanas, Ini Hasilnya

Sejak awal 2006 Adeksi telah bergandengan dengan Lemhanas menyelenggarakan kursus singkat bertajuk “Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kota serta Pejabat Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia”.

Liputan6.com, Jakarta -l Asosiasi DPRD Kota se-Indonesia (Adeksi) bersinergi dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman, Kamis (12/1/2023). Penandatanganan dilakukan oleh Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto dengan Ketua Umum Adeksi Sigit K Yunianto didampingi Sekretaris Jenderal Adeksi Didi Sumardi dan di Ruang Dwiwarna Purwa Gedung Pancagatra Lantai II Lemhanas.

Dalam nota kesepahaman tersebut, Lemhanas dan Adeksi bersepakat untuk bekerja sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, tukar-menukar informasi dan pelaksanaan pengkajian, serta bidang lain sesuai dengan kebutuhan yang disepakati bersama oleh Adeksi dan Lemhannas.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan tidak sekedar menjadi seremonial semata, namun perlu diimplementasikan dalam kegiatan yang lebih nyata secara konsisten terkait dengan bidang-bidang yang ada di dalam ruang lingkup yang dijadikan kerja sama,” ujar Sigit K Yunianto.

Selepas penandatanganan nota kesepahaman, juga dilaksanakan penandatanganan pembaharuan perjanjian kerja sama antara Adeksi dengan Deputi Kebangsaan Lemhannas Laksda TNI Edy Sucipto sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi pimpinan dan anggota, serta pejabat pemerintah daerah.

Menurut Sigit, sejak awal 2006 Adeksi telah bergandengan dengan Lemhanas menyelenggarakan kursus singkat bertajuk “Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kota serta Pejabat Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia”. Hingga akhir 2018, kursus singkat ini telah digelar dalam 42 Angkatan yang diikuti lebih dari 4.000 peserta yang terdiri dari pimpinan dan anggota DPRD, serta pejabat pemerintah daerah dari seluruh Indonesia.

Pendidikan singkat yang diperoleh anggota ADEKSI di Lemhannas ini adalah sebuah kesempatan yang sangat baik mengingat Lemhannas adalah sekolah kepemimpinan terbaik di Indonesia sejak dulu sampai hari ini. Melangkah keluar dari pendidikan singkat di Lemhannas berbekal wawasan dan horison berpikir yang baru bagi kami, serta telah memunculkan rasa bangga serta kepercayaan diri yang tinggi dalam mengemban tugas-tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

Ia menilai berdasarkan kursus singkat di Lemhannas ini, terasa benar adanya peningkatan atas wawasan dan kemampuan menyelesaikan masalah secara komprehensif integral berdasarkan nilai-nilai kebangsaan yang ditanamkan melalui Lemhannas.

“Ilmu, wawasan berpikir, serta pemahaman akan ke-Indonesia-an yang lebih luas, sungguh-sungguh bermanfaat sebagai bekal sebagai anggota DPRD,” ucapnya.

Mewakili Adeksi, Sigit K. Yunianto mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada gubernur dan jajaran di lingkungan Lemhannas atas kepercayaan yang diberikan kepada Adeksi.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.