Sukses

Pantang Bosan, Ini 12 Pilihan Wisata Hutan Pinus di Yogyakarta

Setidaknya ada 12 hutan pinus Yogyakarta yang bisa dikunjungi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta menjadi salah satu pilihan destinasi bagi para wisatawan. Selain karena kulinernya, Yogyakarta juga menawarkan keindahan hutan pinus yang menawan.

Hutan pinus identik dengan tempat wisata yang sejuk dengan keberadaan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Lokasi ini sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai wisata alam.

Setidaknya ada 12 hutan pinus Yogyakarta yang bisa dikunjungi. Apa saja?

1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan berlokasi di Jalan Raya Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit.

Harga tiket masuk menuju ke destinasi wisata ini hanya dibanderol harga Rp5.000 saja. Tempat ini buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB

2. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro berlokasi tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Kamu dapat melihat keindahan alam di tepi jurang.

Lokasi ini menjadi spot yang tepat untuk melihat matahari terbit. Wisata Yogyakarta ini buka mulai pukul 05.00-18.00 WIB dengan hanya memungut biaya parkir senilai Rp2.000 saja.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hutan Pinus Pengger

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan kawasan hutan pinus yang menyediakan berbagai fasilitas menarik dengan spot foto andalan. Salah satu spot foto tersebut adalah sebuah sarang burung raksasa.

Melalui spot tersebut, kamu bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari atas. Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Tiket masuk ke lokasi ini hanya sekitar Rp5.000 saja. Sementara itu, jam operasional dimulai dari pukul 08.00-21.00 WIB.

4. Puncak Kebun Buah Mangunan

Tak terlalu jauh dari Hutan Pinus Mangunan, juga terdapat destinasi serupa yang sering disebut Puncak Kebun Buah Mangunan. Destinasi wisata ini menghadirkan pemandangan Pegunungan Sewu yang sangat indah.

Gumpalan awan akan terlihat ketika cuaca cerah di pagi dan sore hari. Seperti namanya, di lokasi ini terdapat berbagai tanaman buah, mulai dari durian, rambutan, jambu kristal, kelengkeng, dan banyak lagi.

Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp2.000 saja. Lokasi ini mulai beroperasi pada pukul 05.00-18.00 WIB.

5. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri berlokasi di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Bagi kamu yang menginginkan jalur tempuh yang tak terlalu sulit, destinasi wisata ini bisa dijadikan pilihan.

Lokasi ini menawarkan berbagai spot foto yang dikelilingi indahnya bunga matahari. Buka mulai pukul 06.00-17.00 WIB, pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp2.500 (per orang), Rp2.000 (motor), dan Rp10.000 (mobil)

 

3 dari 4 halaman

Tebing Watu Mabur

6. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur berlokasi di Mangunan RT.28, Lemahbang, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata ini menyuguhkan wisata alam yang menajubkan dengan suasana sejuk.

Lokasi ini juga cukup populer sebagai tempat berkemah. Hanya dengan Rp2.000 saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan hutan pinus yang beroperasi mulai pukul 05.00 - 19.00 WIB ini.

7. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit berlokasi di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata ini identik dengan rumah hobbit yang menjadi spot foto andalan.

Hanya dengan Rp3.000 saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan dan kesejukan Seribu Batu Songgo Langit. Lokasi ini buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB.

8. Puncak Pinus Becici

Puncak Pinus Becici berlokasi di Gunungcilik RT.07/RW.02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Konon, hutan pinus ini pernah dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barrack Obama.

Harga tiket masuk yang ditawakan pun cukup beragam, yakni Rp5.000 (per orang), Rp5.000 (mobil), dan Rp20.000 (bus). Lokasi ini beroperasi pada pukul 06.00-22.00 WIB.

9. Bukit Pangkuk Kediwung

Bukit Pangkuk Kediwung berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Bukit Pangkuk Kediwung menghadirkan pemandangan gumpalan kabut putih, layaknya negeri di atas awan.

Lokasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbenam. Untuk masuk ke destinasi wisata ini, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp2.500 (per orang), Rp5.000 (mobil), dan Rp2.000 (motor).

 

4 dari 4 halaman

Bukit Lintang Sewu

10. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu berlokasi di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Hanya dengan Rp2.000 saja, kamu sudah bisa menikmati udara sejuk dan asri di destinasi wisata ini. Bukit Lintang Sewu beroperasi mulai pukul 08.00 - 21.00 WIB.

11. Grojogan Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo atau Grojogan Lepo Dlingo berlokasi di Dusun Jalan Pokoh, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata alam sambil bermain air.

Destinasi wisata ini berlokasi di tengah hutan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit dari pusat kota. Kamu hanya perlu menyiapkan biaya sebesar Rp5.000- Rp10.000 untuk bisa berkunjung ke destinasi wisata yang beroperasi mulai pukul 06.00-17.00 WIB ini.

12. Hutan Pinus Nglinggo

Hutan Pinus Nglinggo berada di Desa Wisata Nglinggo yang terletak di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi ini sering digunakan sebagai arena off road dengan menggunakan Jeep.

Kamu juga bisa menggunakan Jeep dengan biaya sewa sekitar Rp200.000-Rp700.000. Selain itu, kamu juga bisa berfoto dan menikmati keindahan kebun teh. Sementara itu, tiket masuk ke destinasi ini dibanderol harga sekitar Rp5.000 saja. Destinasi wisata hutan pinus ini beroperasi mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.