Sukses

Ratusan Kios Onderdil di Pasar Besi Tasikmalaya Terbakar

Dalam hitungan beberapa menit api sudah muncul disertai asap. Tiupan angin yang sangat kencang menyebabkan api cepat merambat ke kios lain.

Liputan6.com, Kebakaran Sebanyak 151 kios onderdil mobil dan besi tua di Kompleks Pasar Besi, Kampung Bojong Limus, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, hangus terbakar. Kebakaran ini terjadi pada Rabu (4/1/2023).

Ahmad (53), salah satu pemilik kios onderdil mobil dan besi tua mengatakan, musibah kebakaran kios onderdil itu berlansgung cepat hingga banyak pemilik kios belum sempat menyelamatkan barang dagangannya.

“Dalam hitungan beberapa menit api sudah muncul disertai asap, namun karena tiupan angin di sini sangat kencang api merembet ke kios lain,” ujar dia, Rabu (4/1/2023).

Awalnya, warga dan petugas keamanan kawasan kios langsung memberikan bantuan, tetapi kencangnya terpaan angin menyebabkan pemilik kios tidak sempat menyelamatkan barang dagangannya.

"Api begitu kencang merembet ke kios lain dan melalap barang-barang yang ada di dalam kios," kata dia.

Akibat musibah kebakaran itu, kerugian yang harus ditanggung pemilik kios diprediksi mencapai puluhan miliar. Rata-rata satu kios yang memiliki onderdil mobil dan barang lainnya dengan interval minimal Rp1 miliar lebih.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, menyampaikan keprihatinan atas musibah kebakaran tersebut.

"Kita juga akan langsung proses dengan mendirikan tenda darurat di lokasi," kata dia.

Tidak hanya itu, Cheka yang datang langsung bersama petugas Damkar saat melakukan pemadaman api, memberikan semangat agar seluruh pemilik kios tetap semangat dan sabar menerima ujian tersebut.

"Kami juga akan berikan penanganan secara cepat kepada para pedagang," kata dia.

Kepala BPBD dan Damkar Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, pihaknya menerima laporan kejadian sekitar pukul 07.54 WIB, hingga dua jam kemudian sumber api berhasil dipadamkan.

Selama pemadaman berlangsung, tim damkar menurunkan hingga tujuh unit pemadam kebakaran dari Dinas Pemadaman Kebakaran Kota dan kabupaten Tasikmalaya, termasuk penggunaan 2 mobil water supply.

"Alhamdulillah dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa semua selamat dalam insiden tersebut," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.