Sukses

Tak Kalah Nikmat, Ini 5 Oleh-Oleh Khas Garut Selain Dodol

Garut tak hanya memiliki dodol sebagai buah tangan.

Liputan6.com, Garut - Kota Garut identik dengan dodol yang menjadi makanan khas dan sering kali dijadikan pilihan oleh-oleh para wisatawan. Namun, Garut tak hanya memiliki dodol sebagai buah tangan.

Salah satu kota di Provinsi Jawa Barat ini memiliki ragam pilihan oleh-oleh lain yang tak kalah nikmat. Berikut lima oleh-oleh Garut selain dodol:

1. Burayot

Burayot merupakan jajanan tradisional yang berbentuk unik. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah.

Adonan tersebut digoreng hingga kering dan ditiriskan dengan cara digantung. Burayot menjadi salah satu jajanan yang cocok dijadikan oleh-oleh saat berwisata ke Garut.

2. Chocodot

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh yang masih menggunakan dodol sebagai bahan dasar, chocodot akan menjadi pilihan tepat. Chocodot merupakan cemilan yang memadukan cokelat dan dodol.

Cokelat khas Garut ini juga memiliki konsep kemasan yang unik, yakni dikemas dengan membubuhkan tulisan-tulisan menarik, seperti cokelat enteng jodoh, kenangan mantan, dan lainnya. Selain menggunakan cokelat dan dodol, jajanan ini juga menggunakan campuran bahan lain untuk memperkaya rasa, seperti cabai, buah-buahan, hingga kacang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorokdok

3. Dorokdok 

Dorokdok merupakan kerupuk kulit yang bertekstur renyah dengan cita rasa gurih. Jajanan ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa dijadikan cemilan ataupun lauk pendamping nasi.

Selain itu, jajanan ini juga cukup awet dan memiliki waktu simpan cukup lama. Uniknya, dorokdok merupakan kerupuk kulit yang menggunakan kulit kerbau sebagai bahan dasar, bukan kulit sapi atau ikan.

4. Emplod

Emplod merupakan salah satu camilan khas Garut yang cukup populer dan sering dijadikan oleh-oleh. Emplod terbuat dari singkong yang sudah digiling dan diperas, kemudian didiamkan selama 24 jam.

Selanjutnya, singkong tersebut dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu lainnya. Setelah dicampur, adonan pun dibentuk bulat-bulat kecil, layaknya kelereng.

Emplod diolah dengan cara digoreng. Jajanan ini memiliki tekstur yang renyah.

5. Moring

Moring merupakan singkatan dari cimol kering. Jajanan khas Garut ini merupakan cimol yang dibentuk pipih, lalu digoreng hingga kering dan renyah.

Emplod memiliki cita rasa beragam, mulai dari rasa bawang, keju, barbeque, hingga pedas. Camilan satu ini menjadi salah satu pilihan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Garut.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.