Sukses

Jelang Tahun Baru, Bandara Hang Nadim Batam Catat 13.000 Penumpang per Hari

Bandara Hang Nadim Batam mencatat sekitar 13.000 penumpang per hari pada momen Natal 2022 dan menjelang Tahun Baru 2023.

Liputan6.com, Batam - Bandara Hang Nadim Batam mencatat sekitar 13.000 penumpang per hari pada momen Natal 2022 dan menjelang Tahun Baru 2023.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikry Ilham Kurniansyah di Batam, Kamis mengatakan sebelum momen Natal dan Tahun Baru Bandara Internasional Hang Nadim biasanya melayani sekitar 10 ribu penumpang per hari.

"Penumpang yang melalui Hang Nadim rata-rata sebelum Nataru (Natal dan Tahun Baru) 10 ribu per hari, pas saat Nataru ini mencapai 13 ribu penumpang per hari, bahkan pada saat puncak arus Natal tanggal 22 Desember hampir 14 ribu penumpang per hari," kata Pikri.

"Secara total, tahun 2022 sampai tanggal 28 Desember sudah mencapai 3,4 juta penumpang, dibanding tahun lalu meningkat 60 persen. Jadi ini adalah indikasi bagus bahwa perekonomian Batam terus meningkat," tambah dia.

Ia menyampaikan peningkatan penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim mencapai 38 persen sementara peningkatan maskapai penerbangan hampir 50 persen serta jumlah kedatangan penumpang ke Kota Batam mencapai 55 persen jika dibandingkan tahun lalu.

"Pada tanggal 27 Desember penumpang yang berangkat 5.706 orang dan yang datang 4.897 orang. Kemudian pada tanggal 28 Desember 5.789 penumpang berangkat dan 4.916 penumpang yang datang," kata dia.

Lebih lanjut Pikry mengatakan tujuan yang mendominasi dalam momen Natal dan Tahun Baru kali ini yaitu rute menuju Jakarta, Medan dan Silangit.

Bahkan pihaknya juga melakukan penambahan penerbangan untuk mendukung kelancaran serta antusias masyarakat Batam yang ingin melakukan perjalanan dalam negeri.

"Rute mendominasi ada Jakarta, Medan Kuala Namu, kemudian Silangit juga mendapat animo yang tinggi. Ada penambahan dari Lion Grup, baik ke Kuala Namu Medan maupun Jakarta dan setiap hari ada 2 penerbangan penambahan, kemudian Garuda juga menggunakan pesawat yang lebih besar dan ada beberapa tambahan penerbangan yang dilakukan beberapa maskapai lainnya," kata Pikry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Check In Daring

Pikry mengimbau kepada calon penumpang agar dapat melakukan check in secara daring melalui situs masing-masing maskapai, tidak disarankan membawa barang berharga, serta memastikan telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis satu, dua dan penguat.

"Himbauan kepada masyarakat yang ingin bepergian, lakukan web check in jadi di bandara tinggal masukan barang di bagasi saja, kemudian barang bawaan yang masuk ke bagasi harap di-rapping yang bagus jangan sampai berceceran terlalu banyak dan yang pasti tetap menjaga prokes dan pastikan sudah vaksin 1,2 dan booster," papar Pikry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.