Sukses

Libur Tahun Baru, Hindari 7 Titik Rawan Macet di Yogyakarta

Agar terhindar dari antrean kendaraan, wisatawan dapat menghindari titik-titik rawan kemacetan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta menjadi salah satu kota tujuan wisata yang populer. Tak heran kota gudeg ini selalu dipenuhi para wisatawan, terlebih saat momen libur Natal dan Tahun Baru 2023 seperti ini.

Sayangnya, arus lalu lintas yang padat dan cenderung macet juga kerap terjadi saat musim liburan tiba. Jika salah memilih jalan, para wisatawan dapat terjebak antrean kendaraan yang panjang dan menguras tenaga.

Bukannya bersenang-senang mengunjungi tempat wisata Yogyakarta, para wisatawan justru dapat dibuat emosi dengan antrean kendaraan yang mengular. Agar terhindar dari antrean kendaraan, wisatawan dapat menghindari titik-titik rawan kemacetan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut titik-titik rawan macet Yogyakarta.

1. Kawasan Simpang Empat Jalan Affandi – Jalan Laksda Adisucipto

Kawasan simpang empat Gejayan ini perlu dihindari saat berwisata ke Yogyakarta. Antrean panjang sering kali terjadi dan sulit terurai.

Kawasan ini menjadi salah satu akses dari arah Solo menuju kawasan Malioboro dan Kondisi ruas jalan yang relatif sempit, memperparah kemacetan di kawasan ini. Kemacetan biasanya terjadi dari pukul 09.00 WIB hingga larut malam.

2. Simpang Empat Jalan Afandi – Ring Road

Wisatawan perlu menghindari kawasan ini berlibur ke Yogyakarta. Lantaran kawasan simpang ini kerap terjadi kemacetan nyaris dari empat penjuru jalan.

Dari arah barat antrean panjang kerap sulit untuk diurai, karena kendaraan arah barat dari simpang empat Jalan Kaliurang bisa langsung melewati underpass Kentungan. Akibatnya, arus roda empat menumpuk di jalur cepat sisi barat simpang empat Gejayan.

3. Simpang Empat Jalan Godean – Ring Road

Kondisi jalan sempit, sementara arus lalu lintas terus bertambah sehingga tak sebanding. Akibatnya, jalan ini kerap terjadi antrean panjang terutama dari arah Ringroad menuju ke barat.

Selain menjadi salah satu jalur wisata Menoreh, Jalan Godean juga kerap menjadi alternatif bagi masyarakat di utara Yogyakarta yang akan menuju ke Bandara YIA. Akibatnya arus lalu lintas di kawasan ini terus membludak.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simpang Tiga Ring Road Maguwoharjo

4. Simpang Tiga Ring Road Maguwoharjo

Titik antrean ini terutama dari arah barat dari depan eks Hotel Quality hingga Hotel Sheraton. Kemacetan sering terjadi terutama saat libur panjang.

Biasanya antrean makin panjang terutama di titik penggal depan Hotel Sheraton karena adanya kendaraan roda empat yang ingin putar balik.

5. Simpang Gondomanan - Titik Nol

Titik antrean kendaraan kerap mengular di persimpangan Gondomanan hingga titik Nol km Yogyakarta. Hal tersebut disebabkan karena pada wilayah ini terdapat destinasi wisata utama Kota Yogyakarta.

Di sisi selatan ada Keraton Yogyakarta, lalu ada pusat perbelanjaan Malioboro, belum lagi terdapat tempat wisata seperti Benteng Vredeburg dan taman pintar. Tak heran kerap membuat wilayah ini sangat semrawut ketika masa liburan datang.

Kemacetan sering diperparah karena adanya parkiran bus wisata di sisi selatan Jl. Panembahan Senopati. Di mana saat musim liburan tiba banyak sekali bus-bus besar yang keluar masuk parkiran tersebut.

Di depan taman pintar juga sering terparkir deretan becak yang menyambut wisatawan yang baru turun dari bus. Hal tersebut semakin menambah kepadatan jalanan ini.

6. Titik Nol Km - Simpang 4 Ngabean

Titik rawan macet selanjutnya masih berada di sekitar kawasan wisata Kota Yogyakarta. Antrean kendaaran kerap terjadi mulai dari Titik Nol Km Yogyakarta menuju sipang 4 ngabean atau sepnjang Jalan KH Ahmad Dahlan.

Pasalnya jalan KH Ahmad Dahlan merupakan jalan utama menuju parkiran bus Ngabean. Selain itu disepanjang jalanan ini terdapat beberapa pusat perbelanjaan oleh-oleh.

Kondisi antrean kendaraan akan semakin menjadi takala banyak bus pariwisata yang parkir di sepanjang bahu jalan. Ada baiknya para wisatawan menghindari sepanjang jalanan ini.

7. Simpang Empat Jalan Imogiri Timur

Jalan Imogiri Timur tak jauh berbeda kondisinya Jalan Godean yang memiliki ruas jalan terbatas, dan tak sebanding dengan volume kendaraan yang melintas. Selain itu, kawasan jalan ini menjadi alternatif bagi masyarakat terutama usai berwisata dari kawasan Panggang, Gunungkidul atau perbukitan Dlingo, Bantul.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.