Sukses

Resep Mudah Pempek Panggang, Varian Pempek Kenyal dengan Citarasa Pedas Manis Gurih

Pempek Palembang memiliki beragam jenis. Bukan hanya direbus dan digoreng, ada pula jenis pempek yang dipanggang. Namanya pempek panggang.Pempek jenis ini menjadi salah satu alternatif menu pempek yang diolah menggunakan komposisi ikan giling yang sedikit.

Liputan6.com, Palembang - Pempek Palembang memiliki beragam jenis. Bukan hanya direbus dan digoreng, ada pula jenis pempek yang dipanggang. Namanya pempek panggang.

Pempek jenis ini menjadi salah satu alternatif menu pempek yang diolah menggunakan komposisi ikan giling yang sedikit.

Bukan itu saja, pempek panggang juga bisa dibuat tanpa menggunakan ikan. Biasanya pempek panggang tanpa ikan disebut pempek panggang dos.

Selain cara memasaknya yang tak biasa, teksturnya pun lain dari varian pempek lainnya.

Bila pempek biasa terasa kenyal dan lembut, pempek panggang memiliki tekstur yang lebih kenyal dibanding pempek lainnya.

Tak hanya itu, kuliner ini pun bukan disajikan dengan cuko, kuah pendamping pempek, melainkan dengan sambal ebi yang bercitarasa pedas, manis dan gurih.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Pempek Panggang

Pempek panggang biasanya dijajakan oleh pedagang pempek keliling. Meski demikian, banyak pula restoran makanan tradisional di Palembang yang menyediakannya.

Harga pempek panggang pun bervariasi. Pedagang keliling biasa menawarkan pempek panggang dengan harga mulai Rp1.000 - Rp3.000 per buah.

Sementara itu, di restoran pempek setiap satu buah pempek panggang dihargai mulai Rp4.000 -Rp5.500.

Memasak pempek panggang tidaklah sulit. Pembuatnya hanya perlu menyediakan bahan dan alat pemanggang sederhana hingga teflon.

 

3 dari 3 halaman

Resep Pempek Panggang

Berikut ini resep pempek panggang:

• Bahan pempek

- Tepung tapioka 250 gram - Tepung terigu - Ikan gabus atau tenggiri giling (jika ada) 250 gram - garam 1/2 sdt- Air 200 gram - Bawang putih 3 siung

• Bahan Isian- Ebi 100 gram - Gula merah iris 3 sdt - Cabai rawit 20 buah- Bawang putih 2 siung- Kecap manis- Cuka makan

Cara Memasak 1. Campur tepung terigu, tepung tapioka, daging giling, garam dan bawang putih halus. Aduk rata dan uleni.

2. Bentuk adonan sesuai selera. Biasanya berbentuk bulat.

3. Panggang di alat pemanggang atau teflon hingga matang

4. Selama proses pemanggangan buatlah isian. Masak semua bahan isian seperti memasak sambal

5. Buat sodetan di salah satu sisi pempek. Masukkan isian lalu sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.