Sukses

Spotify Wrapped 2022 Jadi Trending Topic di Twitter, Berikut Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta - Spotify Wrapped 2022 memuncaki topik di media sosial Twitter. Tagar SpotifyWrapped pun sudah dicuitkan lebih dari 1,79 juta kali hingga Kamis, 1 Desember 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Spotify Wrapped 2022 ini merupakan kilas balik konsen apa yang paling banyak dinikmati pengguna sepanjang tahun ini.

Spotify Wrapped adalah rangkuman konten serta kebiasaan masing-masing pengguna layanan streaming musik Spotify. Karena tampil setahun sekali, kilas balik Spotify Wrapped ini disambut antusias oleh warganet, khususnya di Twitter.

Hadir dengan nama Spotify Wrapped 2022, pengguna sudah bisa mengaksesnya mulai 1 Desember 2022.

Spotify Wrapped ini bisa diakses melalui aplikasi Spotify di iOS (versi 8.7.87) dan Android (versi 8.7.86). Kali ini, perusahaan tidak sekadar menghadirkan daftar artis, genre, lagu, dan podcast teratas, serta ringkasan konten audio yang didengarkan.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (30/11/2022), Spotify mengembangkan konten story berbasis data, serta playlist yang dikurasi secara khusus oleh tim editorial.

Untuk mengetahui deretan fitur dan update Spotify Wrapped 2022, berikut ini daftarnya:

Your Listening Personality

Lewat pembaruan ini, Spotify menghadirkan cara baru bagi pengguna mengetahui kepribadian mereka berdasarkan selera musik, serta kebiasaan mendengarkan sepanjang 2022. Ada 16 jenis Listening Personality yang dibuat oleh Spotify berdasarkan kebiasaan mendengarkan pengguna.

Audio Day

Melalui fitur interaktif di Spotify Wrapped kali ini, pengguna dapat mengetahui perkembangan selera musik mereka sepanjang hari. Pengguna dapat mengetahui kebiasaan mendengarkan mereka dari matahari terbit hingga tenggelam.

Dekatkan Hubungan Artis dan Kreator

Selain playlist yang dipersonalisasi dan dikurasi tim editorial Spotify, Wrapped Hub dalam platform akan menampilkan merchandise dari artis yang paling banyak mereka dengarkan, termasuk event berikutnya dari artis favorit.

Your Artist Messages

Pada Spotify Wrapped 2022, pengguna terpilih juga bisa menerima video pesan terima kasih dari artis yang paling banyak mereka dengarkan di tahun ini. Ada lebih dari 40.000 musisi yang bergabung dalam pesan ini, seperti Taylor Swift, Billie Eilish, J. Balvin, hingga Maneskin.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Buat Spotify Wrapped 2022

Untuk mengetahui cara membuat Spotify Wrapped 2022 untuk tahun ini, simak langkah-langkahnya berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima dari Spotify. 

Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped.

Selanjutnya, pilih spanduk “Your 2022 Wrapped” pada beranda aplikasi.

Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, dan Wrapped 2022 akan muncul di paling atas.

Setelah masuk, pengguna akan menemukan konten story "Wrapped" mereka yang berisi informasi tentang pengalaman mendengarkan mereka yang unik, mulai dari artis teratas, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan jumlah menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio sepanjang 2022.

Pengguna Spotify baik premium maupun non-premium dapat membagikan hasilnya kepada teman, keluarga, serta pengikut mereka melalui platform media sosial yang ada.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Bikin Instafest Spotify

Seperti yang sedang ramai diunggah di media sosial, terdapat satu model grafis yang berisikan rangkuman musik yang didengarkan di Spotify. Grafis ini berbentuk seperti lineup festival dan banyak diunggah melalui Story Instagram.

Bentuk grafis lineup festival ini dibuat menggunakan Instafest. Ini hampir serupa dengan cara kerja Receiptify, yang merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Herokuapp. Receiptify sendiri merupakan aplikasi track generator, yang bekerja dengan cara memindai playlist Spotify sebuah akun dan membuat ranking lagu-lagu yang paling sering didengarkan pengguna.

Aplikasi seperti Receiptify dan Instafest menjadi cara baru untuk melihat ringkasan dari apa yang kita paling sering dengarkan di Spotify muncul secara online. Konsep grafis yang dimiliki Instafest juga serupa dengan Spotify Pies, yang dulu sempat ramai digunakan pada Juni 2022.

Bedanya Instafest dari Receiptify dan Spotify Pies, Instafest Spotify menyajikan rincian lagu-lagu yang paling sering didengarkan dalam bentuk layaknya pengumuman lineup yang akan tampil di sebuah festival atau konser. Mirip seperti lineup Coachella yang biasa diunggah setiap tahun.

4 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Membuat Instafest

Untuk membuat tampilan grafis festival musik yang diambil berdasarkan artis-artis favorit, pengguna harus menggunakan aplikasi Instafest yang dapat ditemukan dengan cara mengetikkan "Instafest.app" di browser. Setelah itu pengguna akan diminta untuk melakukan log-in akun Spotify.

Selain log-in menggunakan akun Spotify, pengguna juga bisa masuk menggunakan akun email, Google, atau Facebook tergantung pada alamat yang digunakan untuk mendengarkan musik di Spotify.

Setelah berhasil log-in, aplikasi akan memberikan akses ke informasi akun Spotify pengguna dan menampilkan foto berisi jajaran lineup festival impian pengguna. Jajaran nama artis ini diambil dari artis-artis yang lagunya paling sering diputar oleh pengguna lewat Spotify.

Tampilan ini selanjutnya bisa diatur jika pengguna ingin melihat rincian artis yang paling sering didengarkan selama empat minggu terakhir, enam bulan terakhir, atau sepanjang masa. Pengguna juga bisa mengubah gaya foto lineup, seperti tema Malibu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS