Sukses

Piala Dunia 2022: Ketika Orang Jepang Tidak Meninggalkan Sampah di Stadion

Penggemar Jepang terlihat menunda pesta kemenangan untuk membantu membersihkan stadion.

Liputan6.com, Jakarta - Pendukung Timnas Jepang melakukan aksi pungut sampah di sela gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Meski timnya menang secara mengejutkan atas Timnas Jerman, pendukung Samurai Biru tidak semata meluapkan euforia kemenangan.

Penggemar Jepang terlihat menunda pesta kemenangan untuk membantu membersihkan stadion. Menyusul kemenangan menakjubkan 2-1 Jepang atas Jerman dalam aksi Grup E, para pendukung tim Samurai Biru justru mengambil sendiri untuk memungut sampah yang tertinggal di tribun Stadion Internasional Khalifa.

Foto-foto yang tersebar di media sosial menunjukkan para penggemar Jepang mengenakan kaus kebanggan tim mereka, ‘dipersenjatai’ dengan kantong sampah biru. Mereka kemudian bergerak melalui kursi stadion mengambil botol dan sampah lainnya yang tersisa di lantai stadion.

Bahkan, sebelumnya penggemar Jepang juga terlihat membuang sampah setelah pertandingan pembukaan turnamen antara Qatar dan Ekuador meskipun tim mereka bahkan tidak bermain pada saat itu.

Influencer Omar Al-Farooq berada di stadion untuk pertandingan pembukaan Piala Dunia 2022.

“Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah,” kicau seorang penggemar kepada Al-Farooq. “Kami menghormati tempat itu,” tulis komentar yang lain.

Aksi pungut sampah pendukung Timnas Jepang bukan pertama kalinya terjadi. Mereka juga membantu membersihkan stadion dan terlihat melakukan kasi bersih-bersih pada Piala Dunia 2018 di Rusia dan Piala Dunia Wanita pada tahun berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klasemen Piala Dunia 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.