Sukses

Bebas Berekspresi dan Kreasi di Jogja Komik Week, Cek Detailnya

Dalam pameran tersebut, terdapat 30 karya anak SMA yang terkumpul dalam workshop pada Agustus lalu.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menggandeng Mulya Karya Seniman Kolektif, Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY menggelar pameran komik bertajuk Jogja Komik Week (JKW). Pameran ini digelar di Jogja Nasional Museum Jalan Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta.

Kegiatan tersebut digelar di sepanjang 27 Oktober hingga 5 November 2022. Dalam pameran tersebut, terdapat 30 karya anak SMA yang terkumpul dalam workshop pada Agustus lalu.

Selain itu, juga ada 30 seniman yang terkurasi serta beberapa undangan. Kurator JKW, Terra Bajraghosa mengatakan, pada JKW 2022 kali ini, ada 2 komikus legenda yang karyanya juga ikut dipamerkan, yakni mendiang Jan Mintaraga dan DN Gustolo.

Selain memamerkan karya komik, setiap harinya JKW 2022 di Yogyakarta juga mengadakan berbagai acara yang dapat diikuti oleh para pengunjung. Ada beragam acara yang digelar, mulai dari drama komikal, seminar, serta pembacaan komik.

Menariknya, ada pula acara cosplay, bincang komik, hingga akustikomik. Cosplay merupakan sebuah hobi dengan mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, serta film kartun.

Kegiatan dengan tema 'Aksi Transisi' ini digelar dengan tujuan untuk memacu semangat dan kreativitas anak muda agar lebih percaya diri dan peka terhadap lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi anak muda.

Diharapkan agar di kemudian hari, komik bisa menjadi salah satu media anak muda untuk berekspresi dalam merespon dan menyampaikan gagasannya melalui bahasa tutur gambar yang mudah dipahami dan efektif dalam penyampaiannya. Pasalnya, kekuatan budaya suatu bangsa ada di pundak para generasi muda.

Kegiatan yang dibuka untuk umum ini digelar mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Tak ada biaya masuk yang harus dibayarkan karena kegiatan ini digelar secara gratis.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.