Sukses

4 Startup Indonesia yang Sediakan Layanan Kesehatan Mental Digital, Sudah Coba?

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang optimal menjadi peluang pengembangan layanan profesional psikolog dalam upaya mewujudkan kesehatan mental di masyarakat.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia dilingkupi kondisi geografis yang menantang dan populasi penduduk yang besar. Karena itu, perlu metode layanan kesehatan mental yang mampu menjangkau masyarakat luas.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang optimal menjadi peluang pengembangan layanan profesional psikolog dalam upaya mewujudkan kesehatan mental di masyarakat.

Saat ini, startup atau perusahaan rintisan di Indonesia semakin berkembang pesat. Tidak hanya dalam bidang teknologi, perusahaan rintisan di Indonesia juga telah menghadirkan platform dalam bidang psikologi khususnya konseling online.

Berikut beberapa startup atau perusahaan rintisan konseling kejiwaan yang harus kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Riliv

Riliv adalah startup kesehatan mental Indonesia yang didirikan sejak 2015. Layanan ini dapat diunduh di Google Play Store dan Apple Store.

Perusahaan rintisan asal Surabaya ini dibangun oleh kakak beradik Maxi dan Audy. Keduanya membangun Riliv sebagai gabungan antara kemudahan teknologi dan sentuhan psikologi untuk menjangkau layanan kesehatan mental di seluruh Indonesia.

Startup kesehatan mental ini memiliki tiga jenis layanan. Layanan itu adalah meditasi, pengantar lelap, serta konseling online bersama psikolog profesional.

Untuk menjaga kualitas, layanan konseling Riliv memiliki tarif yang terjangkau daripada konseling tatap muka.

3 dari 6 halaman

Psikologimu

Platform Psikologimu adalah startup mental health yang didirikan oleh Nova Ariyanto Jono pada 2013. Aplikasi psikologimu menghadirkan banyak sekali psikolog profesional dengan berbagai macam konsultasi via chat, email voice call, dan sebagainya.

Peran platform ini adalah memfasilitasi komunikasi antara Anda dengan para psikolog atau pakar yang berada dalam Psikologimu dalam bentuk layanan konsultasi. Anda memiliki hak untuk mengonsiderasi dan memilih apabila layanan ini sesuai atau tidak untuk Anda.

Konsultasi via Psikologimu bisa diunduh melalui Google Play Store dan Apple Store.

4 dari 6 halaman

Kalm

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Aplikasi Konseling Psikologi (@get.kalm)

Startup kesehatan mental ini memberikan layanan khusus untuk konseling online yang fleksibel, privat, dan terjangkau. Kalm bisa menjadi solusi apabila kamu merasa cemas dan terganggu, namun bingung ingin bercerita pada siapa.

Layanan Kalm juga diklaim praktis, nyaman, terjangkau, serta bersifat rahasia. Apabila kamu menggunakan layanannya, kamu akan dicocokkan dengan Kalmselor (sebutan untuk konselor) melalui kuisioner singkat yang kamu isi.

Apabila ternyata kamu merasa Kalmselor-mu kurang cocok denganmu, kamu bisa mengajukan pergantian kapan pun kamu menginginkannya. Ada beberapa layanan terbaru dari Kalm yakni Increasing Wellness dan Increasing Value agar pengguna dapat mengetahui dan mencapai target yang diinginkan. Platform yang satu ini masih menggunakan dana operasionalnya sendiri.

5 dari 6 halaman

Oncom

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by OnCom Konsultasi (@oncomkonsultasi)

Oncom merupakan singkatan dari Online Consultation and Mentorship. Kamu bisa menggunakan layanan dari OnCom secara cuma-cuma.

Layanan startup ini merupakan tempat untuk konsultasi kepada orang, sesuai dengan bidangnya. Salah satu bidang yang ditawarkan adalah psikologi. Jadi, kamu bisa bertanya terkait kesehatan mental lewat mentor-mentor yang ada.

Startup mental health Indonesia ini didirikan oleh Bima Sastra Gordhi pada 2016. Kamu bisa menggunakan layanan OnCom melalui aplikasinya yang tersedia di Google Play Store.

6 dari 6 halaman

Diceritain

Diceritain adalah aplikasi konseling sebaya pertama yang terintegrasi untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Layanan preventif yang mengedepankan kepentingan kesehatan mental mahasiswa se-Indonesia dengan menyediakan layanan konseling sebaya dan mengutamakan anonimitas untuk kenyamanan bersama.

Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh di Google Play Store.

Itulah daftar dari startup kesehatan mental asal Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk mencoba menggunakan layanannya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.