Sukses

Hati-Hati, Ini Daftar Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Liputan6.com, Yogyakarta - Baru-baru ini media sosial tengah ramai membahas bahaya minuman manis bagi kesehatan. Pembahasan ini dipicu oleh somasi yang dilayangkan merek minuman kekinian Es Teh Indonesia kepada seorang netizen pengguna Twitter.

Perusahaan minuman kekinian tersebut melayangkan somasi karena menilai netizen tersebut menyebarkan informasi yang salah. Dalam cuitannya, warganet menyebut bahwa produk minuman ini menggunakan terlalu banyak gula, sehingga apabila sering dikonsumsi dapat memicu diabetes.

Padahal, mengonsumsi gula secara berlebihan memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Kadar gula berlebih pada tubuh dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Sayangnya tak banyak yang menyadari berapa batasan gula harian yang dapat dikonsumsi. Dikutip dari berbagai sumber, batas gula yang dapat dikonsumsi harian tidak boleh melebihi 30–50 gram, atau setara 2–3 sendok makan.

Dikutip dari laman American Heart Association (AHA) batas asupan gula per hari bagi laki-laki dewasa adalah 36 gram. Sedang bagi wanita dewasa adalah 24 gram, dan anak-anak kurang dari 24 gram per harinya.

Secara umum, menghindari makanan dan minum manis lebih baik bagi kesehatan tubuh. Namun, selain aneka minuman kekinian, berikut makanan maupun minuman yang ternyata tinggi gula.

1. Susu Berperasa

Susu murni mengandung asupan yang baik untuk tubuh lantaran mengandung sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tulang, termasuk kalsium dan protein. Namun susu yang ditambahkan perasa biasanya sudah dimaniskan dengan gula.

Satu cangkir atau 250 gram susu yang memiliki aneka rasa tambahan mengandung hampir 12 gram gula tambahan.

2. Sereal

Sereal adalah makanan yang populer untuk menu sarapan karena cepat dan mudah. Beberapa sereal yang dipasarkan untuk anak-anak mengandung banyak gula tambahan sekitar 12 gram atau 3 sendok teh gula dalam porsi kecil 34 gram.

 

Saksikan video pilihan sebagai berikut:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Kopi Berperasa

3. Kopi Berperasa

Kopi berperasa juga kopi kemasan populer dan mudah dijumpai di minimarket terdekat. Namun, kandungan gula pada kopi berperasa dan kopi kemasan ini sangat tinggi.

Biasanya mengandung hingga 45 gram gula atau setara dengan 11 sendok teh per porsi.

4. Madu

Madu sering dianggap sebagai alternatif pemanis yang lebih sehat karena secara alami berasal dari sarang lebah. Selain itu, madu memiliki beberapa nilai gizi.

Madu mengandung fruktosa yang lebih manis dari sukrosa dan glukosa. Fruktosa adalah gula utama yang ditemukan pada madu.

Meskipun memiliki banyak manfaat, madu sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah wajar.

5. Eh Teh

Es teh sangat populer di seluruh Indonesia dalam berbagai bentuk dan rasa. Minuman ini biasanya ditambahkan gula sebagai pemanis dan sirup sebagai perasa.

Rata-rata, es teh mengandung sekitar 35 gram gula per porsi. Ini hampir sama dengan sebotol soda di pasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.