Sukses

Resep Kue Leker Teflon, Jajanan Tradisional Indonesia yang Mirip Crepes

Jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan teflon, kamu bisa mengikuti resep kue leker berikut

Liputan6.com, Yogyakarta - Kue leker merupakan jajanan khas tradisional Indonesia yang renyah dan nikmat. Sekilas, leker memang mirip dengan crepes khas Bretagne, sebuah wilayah di Prancis bagian barat.

Keduanya memiliki perbedaan pada bentuk, cara pembuatan, serta topping yang digunakan. Leker umumnya berbentuk lingkaran yang dilipat sehingga membentuk setengah lingkaran, sedangkan crepes umumnya dilipat lebih dari satu kali.

Sementara itu, leker dibuat dengan cara dimasak di atas api, sedangkan leker dimasak menggunakan energi listrik. Dari segi topping, karena berukuran lebih kecil, leker memiliki topping dan isian yang lebih terbatas dibandingkan crepes.

Mengenai asal usul leker, tidak terdapat literatur pasti yang menyebutkan asal usul daerahnya. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa kue leker merupakan jajanan khas dari kota Solo dan Surabaya.

Nama leker diambil dari bahasa Belanda 'lekker', yang berarti enak. Setiap orang Belanda selesai memakan jajanan itu sering diakhiri dengan mengucap kata lekker dan dari situlah terciptanya nama makanan ini.

Penjual leker sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, bukan hanya Solo dan Surabaya. Jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan teflon, kamu bisa mengikuti resep kue leker berikut:

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan

Bahan:

- 120 gr tepung terigu

- 90 gr tepung beras

- 30 gr tepung sagu

- 1 sdt baking powder

- 1 butir telur

- 1/4 sdt pasta vanila

- 50 ml susu cair

Bahan Isian:

- Gula pasir

- Meses

- Pisang yang diiris tipis

- Keju parut

Cara Membuat:

1. Campur rata semua bahan tepung, lalu tambahkan baking powder, telur, dan pasta vanila, kemudian aduk rata

2. Tuang susu cair ke dalam adonan secara perlahan sambil diaduk hingga tercampur rata

3. Panaskan teflon dan tuangkan adonan tipis ke atasnya, lalu ratakan

4. Beri isian kemudian masak sampai matang dan agak garing, lalu lipat leker

5. Leker siap disajikan

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.