Sukses

3 Rekomendasi Museum di Kota Medan

Kota Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan memiliki tempat beragam tempat wisata dan bersejarah yang bisa dikunjungi.

Liputan6.com, Medan Kota Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan memiliki tempat beragam tempat wisata dan bersejarah yang bisa dikunjungi.

Tak hanya wisata sejarah, ada beberapa tempat wisata edukasi yang ada di Kota Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) seperti museum.

Kota Medan memiliki beberapa museum yang hingga saat ini masih dibuka dan dapat dikunjungi untuk umum.

Ada beberapa jenis museum yang ada di Kota Medan mulai dari museum yang menyimpan benda-benda purbakala atau bersejarah, hewan-hewan hingga uang.

Berikut 3 rekomendasi museum yang ada di Kota Medan yang bisa dikunjungi:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1 Museum Negeri Medan

Museum Negeri Medan berada di Jalan HM Jhoni No 51 Medan dan merupakan museum terbesar di Sumatera Utara (Sumut). Museum Negeri Medan adalah museum yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah budaya bangsa, hasil seni dan kerajinan dari berbagai suku di Sumut.

Museum Negeri Medan berada di lahan seluas 10.468 meter persegi dan dibangun tahun 1954 dan diresmikan pada tahun 1982.

Museum Negeri Medan terdiri dari 2 lantai yang difungsikan untuk ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio visual/ceramah, ruang kepala museum, tata usaha, ruang seksi bimbingan, perpustakaan, ruang mikro film, ruang komputer, serta gudang.

Beberapa benda peninggalan bersejarah yang ada di Museum Negeri yaitu replika hewan khas Sumatera, replika fosil manusia purba, diorama kehidupan prasejarah, serta beragam perkakas prasejarah.

Kemudian juga ada beberapa peninggalan bersejarah seperti arca-arca peninggalan jaman Hindu-Budha, peninggalan batu nisan, Alquran, dan juga perkakas jaman Kolonial Belanda.

Museum Negeri Medan buka setiap Selasa-Minggu 08.30-12.00 dan 13.30-17.00 WIB dan tiket masuknya hanya Rp 3.000.

3 dari 4 halaman

2 Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery berada di Jalan S. Parman No 309 Medan dan menghadirkan lebih dari 2.5000an spesies satwa dari berbagai belahan dunia mulai Asia, Afrika, dan negara-negara lainnya yang ada di dunia.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery memiliki luas gedung kurang lebih 3.000 meter persegi. Ada banyak satwa yang bisa dilihat di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery yaitu lima satwa besar Afrika paling berbahaya dan terbesar di Afrika yaitu Gajah, Badak, Banteng, Singa, dan Macan Tutul.

Ada juga berbagai jenis burung, kura-kura, kupu-kupu dan kumbang. Seluruh spesies satwa yang ada di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery berasal dari pembelian secara legal dari berbagai negara dan berasal dari perburuan legal dengan konsep konservasi dengan pemanfaatan yang telah diterapkan hampir di seluruh negara untuk mencegah kepunahan.

4 dari 4 halaman

3 Museum Uang Sumatera

Museum Uang Sumatera berada di Jalan Pemuda Medan dan menghadirkan beberapa koleksi mulai dari koin kesulthanan atau kerajaan, koin perkebunan, Oeang Republik Indonesia Daerah/Darurat (ORIDA), dan Mesin cetak Oeang Republik Indonesia Tapanoeli (ORITA).

Museum Uang Sumatera adalah museum uang pertama yang ada di Sumatera, didirikan oleh Saparudin Barus merupakan kolektor uang yang peduli dengan sejarah uang Indonesia dan memberikan edukasi jepada masyarakat.

Ada beberapa fasilitas yang terdapat di Museum Uang Sumatera tersebut seperti perpustakaan, ruang inspirasi, pojok diskusi, aula dan kedai souvenir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.