Sukses

Spot-Spot Ikonik Sekitar Istana Ratu Elizabeth yang Disinggahi Para Puan Berkebaya

Dari Patung Ratu Victoria di Buckingham Palace hingga London Eye.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye Kebaya Goes To UNESCO semakin ramai digaungkan. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pengesahan kebaya sebagai warisan tak benda milik Indonesia oleh UNESCO.

Kampanye itu juga dilakukan oleh komunitas Indonesia di United Kingdom. Mereka menggelar kegiatan Parade Kebaya sebagai wujud dukungannya terhadap pengesahan warisan budaya kebaya oleh UNESCO.

Para pegiat parade tersebut mengundang wanita berdarah Indonesia di seluruh UK untuk berkumpul di Buckingham Palace, lokasi titik kumpul awal para peserta. Pada Minggu, 28 Agustus 2022, mereka melakukan gerak jalan dari titik kumpul menuju St James's Park sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Ada yang menarik dari perjalanan parade kebaya tersebut. Tempat di mana para peserta berhenti dan mengabadikan momen dengan berfoto dapat dijadikan ide spot foto menarik. Tempat-tempat ikonik tersebut dapat kalian kunjungi hanya dengan berjalan kaki!

Berikut rangkuman spot menarik di tengah kota London yang disinggahi para puan pejuang kebaya budaya nusantara.

1. Patung Ratu Victoria di Buckingham Palace

Spot pertama yang didatangi oleh para peserta parade kebaya di UK tersebut adalah patung Ratu Victoria atau Victoria Memorial. Patung tersebut berlokasi di depan kediaman resmi Ratu Britania, Buckingham Palace.

Patung tersebut menggambarkan Ratu Victoria saat berusia 18 tahun yang tengah duduk di dalam jubah saat penobatannya. Wujud tersebut diambil dari lukisan Victoria pada saat penobatannya oleh Sir George Hayter.

Patung yang dipahat pada 1893 tersebut sempat mengalami kerusakan akibat terkena bom selama Perang Dunia kedua berlangsung. Saat mengunjungi Buckingham Palace spot ini dijamin dapat menambah keindahan foto di jajaran feed media sosial kalian!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Big Ben

2. Big Ben, London

Lokasi kedua yang disinggahi para peserta Parade Kebaya tersebut adalah kawasan di sekitar monumen jam besar ikonik yang ada di London, yaitu Big Ben.

Berlatar monumen yang selesai dibangun pada 1858 tersebut mereka mengabadikan momen dengan berdiri sambil memegang banner "We Support Kebaya Goes To UNESCO". Dalam foto tersebut para peserta terlihat anggun dan cantik dalam balutan kain dan kebaya.

Kalian dapat meniru dengan berkunjung ke tempat-tempat yang disinggahi para peserta Parade Kebaya di London sebagai list spot foto favorit kalian! Pasalnya, foto dengan berlatar menara jam yang usianya telah ratusan tahun ini akan menambah nilai estetika yang memberikan kesan classy selayaknya Royal Family.

Menara jam ini hanya berjarak kurang lebih 1,2 kilometer atau sekitar 17 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki dari Buckingham Palace. Dijamin tidak akan menyesal setelah berkunjung dan mengabadikan momen di menara jam empat sisi terbesar dengan lonceng ini.

Lokasi kedua ini dapat dijadikan sebagai spot foto menarik yang akan memberikan kesan London banget!

3. London Eye

Sebelum akhirnya sampai di St James's Park, sempatkan untuk menikmati udara dari pinggir sungai Thames di London. Di sana kalian akan merasakan udara yang sejuk dan pemandangan sungai yang bersih lengkap dengan perahu-perahu kecil di dalamnya.

Sesaat sampai di sana, lantas akan terlihat bangunan London Eye atau Millennium Wheel yang memikat mata. Bangunan setinggi 135 meter yang dibangun pada tahun 2000 ini masih terus beroperasi dan bisa dinaiki.

London Eye tadinya merupakan bangunan pandang tertinggi di London sebelum akhirnya digantikan oleh bangunan baru lainnya setinggi 245 meter yang didirikan pada 2013.

 

3 dari 3 halaman

St James Park

4. St James's Park

Taman ini merupakan lokasi terakhir yang menjadi tempat singgah para peserta Parade Kebaya tersebut. Di taman tersebut kalian dapat bermain dan piknik bersama para kerabat dan orang-orang terrdekat.

Taman seluas 23 hektare yang berlokasi di Westminster, Central London ini merupakan taman tertua yang menjadi bagian dari Taman Kerajaan di London.

Hal menarik dari taman ini adalah posisinya yang menghadap barat laut dengan pemandangan Istana Buckingham di belakang. Di sini kalian dapat melihat bahwa St James's Park ini berbatasan langsung dengan Istana Buckingham di sisi barat. Selain itu, taman ini juga berbatasan dengan St James's Palace di utara, Horse Guards di barat, dan Birdcage Walk di selatan.

Taman ini dapat menjadi spot yang tepat bagi kalian yang ingin menikmati hari di London. Kalian dapat bersantai ria, duduk-duduk beralaskan daun kering sambil memandang sebuah danau kecil yang bernama St James's Park Lake. Tidak hanya itu, di dalamnya terdapat dua pulau kecil, yaitu West Island dan Duck Island. Pulau-pulau tersebut dinamakan demikian karena banyaknya unggas air di daerah itu.

Saat beruntung, kalian akan bertemu dengan gerombolan burung pelikan. Pasalnya, danau tersebut dikenal sebagai koloni tempat tinggal burung pelikan yang menjadi fitur utama taman ini setelah dihadiahkan oleh duta besar Rusia pada 1664.

Tidak afdol rasanya ketika mengunjungi taman ini tanpa berjalan-jalan. Setelah menikmati pemandangan danau, sempatkan lah untuk mendatangi jembatan yang menyebrangi danau tersebut. Saat kalian di sana, akan terlihat pemandangan menarik. Jembatan tersebut langsung menghadap ke Istana Buckingham dengan pepohonan dan air mancurnya.

Itulah beberapa spot menarik di London yang dapat kalian datangi hanya dengan berjalan kaki!

Penulis: Nurul Kusuma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.