Sukses

Bangkitkan Nasionalisme, Merah Putih Sepanjang 77 Meter Dibentangkan di Istana Maimun

Liputan6.com, Medan Bendera Merah Putih sepanjang 77 meter dibentangkan di pagar Istana Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Aksi ini dilakukan puluhan anggota Komunitas Captiva Indonesia (KCI) Chapter Sumut-Aceh bersama konten kreator Ketua Limpol.

Ketua Chapter KCI Sumut-Aceh, Teuku Muhammad Shadrak mengatakan, dibentangkannya bendera Merah Putih, sebagai rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Kita juga melakukan membagi-bagikan sebanyak 1.000 bendera Merah Putih kepada masyarakat pengguna jalan," kata Shadrak, Selasa (16/8/2022).

Selain untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 77 meter serta bagi-bagi bendera itu juga sebagai upaya komunitas menumbuhkan serta membangkitkan rasa nasionalisme.

"Kegiatan ini sebagai wujud rasa cinta dan bangga kami menyambut hari kemerdekaan sebagai komunitas otomotif," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dilakukan Secara Estafet

Diterangkan Shadrak, pada kegiatan tersebut pihaknya membentangkan bendera Merah Putih dengan panjang 77 meter dilakukan secara estafet oleh seluruh peserta yang hadir. Bendera Merah Putih sepanjang 77 meter sebagai simbol memaknai Kemerdekaan Indonesia yang telah 77 tahun.

"Bendera dengan panjang 77 meter ini dibentangkan dan dipegang masing-masing peserta yang hadir, merupakan simbol bahwa setiap kita harus mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif," terang Shadrak, yang berprofesi sebagai dosen di salah satu universitas swasta di Medan.

Konten kreator Medan, Jack India atau yang lebih dikenal dengan Ketua Limpol, mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan dalam menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Apalagi kegiatan berjalan lancar.

Sebagai salah satu inisiator, Jack mengaku kegiatan tersebut berangkat dari kerinduan memeriahkan hari kemerdekaan setelah 2 tahun momentum tersebut hilang akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

"Ada kerinduan sebenarnya di hati untuk menyemarakkan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, yang dalam dua tahun ini tidak dirayakan akibat Covid-19," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Alasan Dilaksanakan di Istana Maimun

Jack India yang akrab disapa Ketua Limpol juga mengatakan, tahun ini pemerintah melonggarkan aturan seiring menurunnya angka Covid-19 di Sumut. Dia mengungkapkan alasan memilih Istana Maimun sebagai lokasi untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Selain sebagai salah satu bangunan bersejarah, dilakukan di Istana Maimun juga untuk mengajak masyarakat, terutama generasi muda agar tidak melupakan perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan bangsa ini.

"Istana Maimun ini simbol Kota Medan, peninggalan sejarah dan cagar budaya. Diharapkan masyarakat tidak melupakan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan Berbagai Pihak

Kegiatan tersebut juga berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti CRMAX, Speedline, HIPMI Sumut, SR Center.

Kemudian, Exlusive Tailor, TM Cofffee, dan Tommy Widodo Kisaran Kantor Hukum Penry Nababan, Optik UD Jaya, Kampung Inggris Medan, La Denta, Karang Taruna Sumut, dan Pervi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS