Sukses

Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia, Berikut Makna dari Tema HUT ke-77 RI

Liputan6.com, Bandung - Hari Kemerdekaan Indonesia selalu disambut sangat meriah oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya dan pada 17 Agustus tahun ini Indonesia akan merayakan HUT ke-77 RI.

Setiap tahunnya dalam menyambut HUT RI ini terdapat beberapa tema. Untuk tahun ini temanya adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”

Melalui laman resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tema dari HUT ke-77 RI adalah sebagai berikut. 

1. Latar Belakang ‘Bersama Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’

Tahun ini, Indonesia sebagai anggota dalam forum G20 tidak hanya memperjuangkan kepentingan nasionalnya. Namun juga kepada tingkat global dan menjadi suara dari negara berkembang yang berkontribusi dalam penyelesaian berbagai permasalahan ekonomi atau tantangan yang dihadapi dunia.

Dua tahun lebih Indonesia menghadapi banyak tantangan serta ujian sejarah, mulai dari kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Di tengah keterpurukan ini lah semua elemen bangsa bergerak bersama untuk mewujudkan harapan dan bersinergi bersama untuk mencapai pecepatan pemulihan kondisi semua sektor serta bangkit menghadapi tantangan global.

Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai dari Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika untuk mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada dan menuntun untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

2. Karakter Visual

Karakter visual pada HUT ke-77 RI ini adalah mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global, dan merupakan perwujudan dari harapan untuk bersama dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

3. Makna Logo HUT ke-77 RI

Adapun makna dari logo Hari Kemerdekaan RI ke-77 adalah untuk mencerminkan rasa dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Yaitu refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan agar bisa bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. 7 Filosofi dalam Logo 77

Terdapat 7 filosofi yang ada dalam logo HUT RI ke-77 ini yaitu:

Dua Panah ke Atas (Percepatan dan Pergerakan): Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Dua Anak Tangga (Progres dan Pembangunan): Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progres danpembangunan segala sektor di Indonesia.

Bagian Atas Terpotong (Demokrasi dan Keterbukaan): Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

Garis Miring dan Sudut Runcing (Semangat Juang dan Garuda Pancasila): Garis miring dan sudut runcing,yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkitl ebih kuat dan tangguh

Dua Garis Melengkung (Sinergi dan Harapan): Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

Sudut Penghubung (Penghubung antarbangsa): Sudut penghubung melambangkanperan Indonesia pada forum G20 dalammempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

Siluet Angka 1 (Persatuan Indonesia): Siluet angka satu melambangkansemangat persatuan BhinnekaTunggal Ika sebagai semboyanbangsa Indonesia yang besar, kuat,dan bersatu.

Penulis: Natasa K

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS