Sukses

Ratio, Sheesh, dan Spill, Bahasa Slang yang Kerap Muncul di Media Sosial, Apa Sih Artinya?

Bahasa slang bukan merupakan bahasa formal

Liputan6.com, Yogyakarta - Bahasa slang merupakan bahasa gaul dalam bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris British. Bahasa slang bukan merupakan bahasa formal.

Penggunaan bahasa slang bersifat humoris dan blak-blakan, sehingga kurang cocok jika digunakan dalam situasi formal. Umumnya, bahasa slang hanya digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari.

Ada beberapa bahasa slang, seperti "ratio", "sheesh", dan "spill". Lalu, apa arti sebenarnya dari tiga bahasa slang tersebut?

1. Ratio

Dalam bahasa Inggris formal, kata “ratio” termasuk dalam kategori kata benda (noun) yang berarti “perbandingan”. Dalam bahasa slang, kata tersebut memiliki arti yang sama, yakni “perbandingan”.

Bedanya, kata ini mengalami sedikit pergeseran makna yakni perbandingan antara jumlah suka dan komentar pada sebuah unggahan di media sosial. Kata ini digunakan apabila sebuah unggahan memiliki lebih banyak komentar daripada like atau suka, yang artinya unggahan tersebut salah, buruk, atau bahkan banyak yang tidak sependapat.

2. Sheesh

Sama halnya dengan “ratio”, kata gaul “sheesh” juga ramai digunakan di berbagai media sosial. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan rasa kaget, heran, atau terkejut.

Konotasi penggunaan "sheesh" bisa bermakna positif atau negatif. Bisa digunakan sebagai respon atas rasa kaget karena senang ataupun kaget karena kecewa.

3. Spill

Kata "spill" menjadi bahasa gaul yang cukup populer di media sosial, khususnya Twitter. Kata ini berasal dari idiom “spill the tea” yang artinya mengungkap suatu rahasia.

Umumnya, kata "spill" digunakan untuk mengungkap sebuah rahasia di balik suatu gosip, pemberitaan, ataupun informasi lainnya. Jika seseorang berkata “spill”, itu artinya ia ingin orang lain mengungkapkan suatu rahasia yang membuatnya penasaran.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.