Sukses

Harga Bahan Pokok di Padang Masih Tinggi Jelang Idul Adha

Menjelang Idul Adha, harga bahan pokok di Padang belum kembali ke posisi normal, seperti sebelum Ramadan.

Liputan6.com, Padang - Harga bahan pokok di Kota Padang, Sumatera Barat masih tinggi beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang, Anto mengatakan harga cabai merah sekitar Rp75 ribu per kilogram. Padahal, pada hari biasa berkisar Rp44 ribu per kilogram.

"Kalau dibandingkan dengan Ramadan, harga bahan pokok ini cenderung turun, tetapi untuk harga normal ini masih tinggi," katanya, Rabu (29/6/2020).

Sementara, untuk harga bawang merah mencapai Rp50 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging sapi Rp140 ribu perkilogram, atau naik Rp20 ribu dibanding biasa, kemudian untuk ayam potong mencapai Rp27 ribu perkilogram.

Selain itu, untuk harga minyak curah sekitar Rp14 ribu per kilogram jika membawa jeriken, kalau menggunakan kantong Rp15 ribu per kantong, sedangkan minyak kemasan yang bermerek seharga Rp21 ribu per liter.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Diklaim Aman

Meski harga bahan pokok tinggi, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan bahwa stok pangan cukup aman. Ia menyebut Alahan Panjang, Solok telah menjadi sentra produksi bawang merah di wilayah Sumatera.

"Sekarang, ketersediaan bawang di Alahan Panjang cukup memadai, bahkan kita sudah bisa menyuplai bawang tersebut ke daerah luar Sumatera, karena harganya sudah mulai turun," kata Mahyeldi.

Kemudian Gubernur juga menyampaikan harga minyak curah cenderung stabil. Harga minyak curah saat ini masih sekitar Rp14 ribu per kilo jika membawa jeriken kalau menggunakan kantong Rp15 ribu per kantong, sedangkan minyak kemasan yang bermerk seharga Rp21 ribu per liter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.