Sukses

Bertemu Menpora, Gibran Jamin Solo Bakal Sukses Gelar ASEAN Para Games

Liputan6.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyatakan persiapan yang dilakukan Solo sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022, telah berjalan dengan baik. Diharapkan pesta olaharga yang diikuti atlet difabel dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Solo.

Hal tersebut diungkapkan Menpora usai mengikuti rapat koordinasi penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022 yang digelar di The Sunan Hotel Solo, Minggu malam (19/6/2022). Rapat tersebut juga dihadiri Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka dan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun.

Menurut Menpora Zainudin Amali  dalam rapat koordinasi tersebut membahas tentang persiapan Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Wali Kota Solo sebagai Ketua INASPOC dalam pertemuan itu juga sudah memaparkan terkait berbagai persiapan yang diharapkan bisa selesai tepat waktu agar pelaksaanaan pesta olahraga atlet difabel berjalan dengan sukses.

"Jadi saya sudah mendapatkan informasi dan laporan dari Mas Wali Kota sebagai penanggung jawab di pelaksanaan ini. Kemudian, kami juga mendapatkan konfirmasi dari Pak Sekda Jawa Tengah, yang mewakili Pak Gubernur, memberikan komitmen penuh untuk pelaksanaan ASEAN Para Games," ujar dia.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Putar Roda Ekonomi

Dari hasil pemaparan rapat tersebut, Menpora menarik kesimpulan bahwa persiapan yang telah dilakukan untuk menyambut perhelatan multi even olahraga atlet difabel itu telah berjalan dengan baik. Ia juga mengatakan adanya persiapan yang matang diharapkan gelaran ASEAN Para Games yang akan digelar pada 30 Juli – 6 Agustus 2022 tidak menyisakan masalah ke depannya.

"Insyaallah, saya harapkan kita bisa sukses. Dan sukses yang kita harapkan itu adalah sukses sebagai penyelenggara dan sukses prestasi, kemudian juga sukses administrasi. Mas Wali menyampaikan, bahwa kita selesaikan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya dan tidak ada masalah yang muncul di belakang hari," bebernya.

Selain itu, Zainudin Amali berharap adanya perhelatan ASEAN Para Games di Solo bisa menjadi berkah untuk menggerakan roda ekonomi di kota kelahiran Presiden Jokowi itu. Pasalnya ajang pesta olahraga para atlet difabel itu tidak hanya dihadiri atlet dari Indonesai tetapi juga dari para atlet difabel dari sejumlah negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

"Sukses berikutnya yang kita harapkan adalah sukses ekonomi di daerah ini dan sekitarnya. Karena para peserta yang akan datang kita harapkan juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Solo dan sekitarnya," harap dia.

3 dari 3 halaman

Renovasi Venue

Sementara itu, Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka mengaku telah memaparkan semua persiapan yang dilakukan untuk penyelenggaraan ASEAN Para Ganes XI 2022 di Solo. Menurutnya semua persiapan telah dilakukan secara matang, di antaranya meliputi venue, hotel, prosesi pembukaan hingga penutupa acara.

"Dari venue, hotel dan lain-lain sudah kami siapkan semuanya. Untuk opening dan closing ceremony sudah kami siapkan semua. Harapannya acaranya ini bisa berjalan dengan lancar," kata dia.

Meski demikian, Gibran mengatakan masih ada beberapa venue yang masih dalam tahap renovasi. Jumlah venue yang akan digunakan untuk pertandingan para atlet difabel dari negara kawasan Asia Tenggara itu sebanyak 14 cabang olahraga. Venue tersebut terletak di Solo dan daerah sekitarnya seperti Sukoharjo, Karanganyar dan Semarang.

"Mungkin PR-PR kecil yang harus kita monitor adalah renovasi di beberapa venue. Tetapi saya yakin ini semua akan selesai sebelum tanggal 15 Juli 2022," harapnya.