Sukses

20 Link Twibbon Hari Kebangkitan Nasional Pembakar Semangat Nasionalisme

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas diperingati bangsa Indonesia tiap 20 Mei. Harkitnas menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia untuk menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai 'orang Indonesia'.

Momen itu ditandai dua peristiwa besar, yaitu berdirinya Budi Oetomo, sebuah organisasi pemuda yang membawa semangat nasionalisme, didirikan Soetomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Inlandsche Artsen, yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908. Peristiwa kedua adalah Sumpah Pemuda yang digaungkan anak-anak muda Indonesia pada 28 Oktober 1928.

Secara garis besar, faktor pendorong adanya kebangkitan nasional terbagi menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal yakni penderitaan yang berkepanjangan akibat penjajahan, kenangan kejayaan masa lalu, seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya atau Majapahit, dan munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin gerakan.

Sedangkan faktor eksternalnya, yaitu munculnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika seperti nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme, selain juga munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia seperti Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme. Sementara kemenangan Jepang atas Rusia pada perang Jepang-Rusia turut menyadarkan negara-negara di Asia untuk bangkit melawan penjajahan.

Atas dasar itu, momen Hari Kebangkitan Nasional menjadi sangat penting bagi Indonesia untuk diperingati sepanjang perjalanannya sebagai sebuah bangsa. 

Bagi generasi muda saat ini banyak cara untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Selain dengan upacara bendera, menapaktilas tokoh-tokoh dan tempat, generasi muda juga bisa menyebarkan semangat positif Hari Kebangkitan Nasional di media sosial, salah satunya dengan Twibbon Hari Kebangkitan Nasional

Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun seseorang. Bingkai bertema ini bisa digunakan untuk foto profil Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta dikirimkan ke orang lain.

Nah, berikut 20 link twibbon kece Hari Kebangkitan Nasional yang bisa bikin semarak media sosial, selain tentu menambah rasa nasionalisme sebagai orang Indonesia. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Link Twibbon

1. https://www.twibbonize.com/kebangkitan2022

2. https://www.twibbonize.com/khangded

3. https://www.twibbonize.com/harikebangkitannasional2022bbp

4. https://www.twibbonize.com/harkitnas-2022

5. https://www.twibbonize.com/url-kebangkitannasional

6. https://www.twibbonize.com/url-harkitnas2022

7. https://www.twibbonize.com/selmtharkebngktannas

8. https://www.twibbonize.com/sarcomharkitnas2022

9. https://www.twibbonize.com/harkitnaske-144th2022

10. https://www.twibbonize.com/kebangktnas

11. https://www.twibbonize.com/harikebangkitannasional20mei2022

12. https://www.twibbonize.com/harkitnas114th2022

13. https://www.twibbonize.com/readybangkit22

14. https://www.twibbonize.com/114harkitnas2022

15. https://www.twibbonize.com/urlniamah26

16. https://www.twibbonize.com/yb4vnharkitnas

17. https://www.twibbonize.com/transnasional2022

18. https://www.twibbonize.com/pksharkitnas2022

19. https://www.twibbonize.com/kimmiindonesiabangkit

20. https://www.twibbonize.com/kebangktanasnal