Sukses

Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di 12 Daerah Sultra, Warga Diimbau Waspada

Liputan6.com, Kendari - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di 12 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi tersebut.

Prakirawan BMKG Sultra Fezal Habibie, Senin (16/5/2022) mengatakan, hari ini terdapat 12 daerah berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna, Muna Barat, Buton Tengah, Bombana, Wakatobi, dan Kota Kendari.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini tepatnya di 12 daerah tersebut, berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," katanya.

Fezal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Watubangga, Tanggetada, Polinggona yang dapat meluas ke Toari.

Di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Ladongi, Poli Polia, Lambandia, Mowewe, Uluiwoi, Tinondo, Ueesi yang dapat meluas ke Loea, Lalolae, dan Dangia.

Di Kabupaten Konawe, potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Sampara, Uepai, Routa yang dapat meluas ke Abuki, Soropia, Tongauna, Latoma, Bondoala, Asinua, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Padangguni, Morosi, dan Anggalomoare.

Di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Tinanggea, Andoolo, Palangga, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Lalembuu, Ranomeeto Barat yang dapat meluas ke Laonti, Palangga Selatan, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Laeya, dan Baito.

Di Kabupaten Konawe Utara, potensi hujan sedang dapat terjadi di Kecamatan Asera, Wiwirano yang dapat meluas ke Lembo, Sawa, Oheo, dan Motui. Selanjutnya, di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan lebat dapat terjdi di Kecamatan Wawonii Selatan, dan Wawonii Tengah.

Kemudian di Kabupaten Muna potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Kabangka, Kontu Kowuna yang dapat meluas ke Kabawo, Parigi, Bone, Tongkuno, dan Tongkuno Selatan. Lalu di Kabupaten Muna Barat potensi hujan dapat terjadi di KecamatanSawerigadi, Wadaga, Tiworo Selatan, Maginti, Tiworo Tengah, Tiworo Kepulauan yang dapat meluas ke Barangka, dan Lawa.

Kemudian di Kabupaten Buton Tengah potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Mawasangka Timur, Mawasangka Tengah, Mawasangka yang dapat meluas ke Lakudo, Gu, dan Sangia Wambulu.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diimbau Waspada

Di Kabupaten Bomana potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Poleang, Poleang Barat yang dapat meluas ke Poleang Selatan, Poleang Tengah, Tontonunu, dan Mata Usu. Selanjutnya di Kabupaten Wakatobi potensi hujan terjadi di Kecamatan Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Wangi Wangi Selatan, Kaledupa Selatan, Tomia Timur yang dapat meluas ke Binongko, dan Togo Binongko.

"Kemudian di Kota Kendari potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di Kecamatan Baruga, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, yang dapat meluas ke Mandonga, Poasia, dan Kambu," ujar dia.

Selain di 12 daerah tersebut, potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Sulawesi Tenggara juga dapat meluas ke Kabupaten Buton di Kecamatan Kapontori; Kabupaten Buton Selatan di Kecamatan Batauga, dan di Kota Baubau di Kecamatan Betoambari, Wolio, Sorawolio, Bungi, Murhum, Lea-lea, dab Batupoaro.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17:40 Wita," jelasnya.

BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.