Sukses

Sterilisasi Vihara Jelang Hari Raya Waisak, Polres Pemalang Kerahkan Anjing Pelacak

Liputan6.com, Pemalang - Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah melakukan strilisasi sebelum berlangsungnya ibadah pada perayaan Waisak tahun 2022.

Setiap sudut ruangan Vihara Parama Maitreya Pemalang dilakukan sterilisasi oleh Satuan Samapta Polres Pemalang dengan menggunakan metal detector dan anjing pelacak atau K9, Minggu (15/5/2022).

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo melalui Kapolsek Pemalang Kota AKP Kabul Santoso mengatakan, sterilisasi dilakukan untuk memberikan rasa aman pada umat Budha yang akan melangsungkan ibadah pada hari raya Waisak di Vihara Parama Maitreya.

"Dalam pelaksanaannya, kami telah berkoordinasi dengan pengurus Vihara Parama Maitreya Pemalang," katanya, melalui keterangan tertulis, Minggu.

Kabul mengatakan, pengamanan dan sterilisasi di Vihara Parama Maitreya menjelang Waisak ini melibatkan 70 personel dari Polres Pemalang dan Polsek Pemalang.

"Kita bersyukur, dalam mengawali kegiatan situasi terdapat aman dan kondusif, serta tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan," kata Kapolsek.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Pengurus Vihara Gembira

Kebul juga mengimbau kepada masyarakat yang datang beribadah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami selalu mengimbau kepada para jemaah untuk selalu mengutamakan prokes, terutama penggunaan masker," kata Kapolsek.

Handi, pengurus Vihara Parama Maitreya mengatakan, dirinya berterima kasih dan mengapresiasi upaya Polres Pemalang dalam menjamin keamanan beribadah umat Budha pada perayaan Waisak.

"Kami merasa antusias dan berterima kasih pada Polres Pemalang, ini adalah representasi negara hadir dalam menjamin keamanan beribadah," kata Handi.

Tim Rembulan