Sukses

Maknai Hari Bumi, Anggota DPRD Sumut Meryl Saragih Gotong Royong dengan Motor Listrik

Hari Bumi 2022 diperingati anggota DPRD Sumatera Utata (Sumut) Meryl Rouli Saragih bersama Yayasan Membangun Rakyat Sejahtera (MRS Foundation) dengan melakukan aksi gotong royong berbagi paket makanan berbuka puasa gratis.

Liputan6.com, Medan Hari Bumi 2022 diperingati anggota DPRD Sumatera Utata (Sumut) Meryl Rouli Saragih bersama Yayasan Membangun Rakyat Sejahtera (MRS Foundation) dengan melakukan aksi gotong royong berbagi paket makanan berbuka puasa gratis.

Uniknya, kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 22 April 2022, itu dilakukan dengan menggunakan motor listrik. Kegiatan berlangsung di sepanjang Jalan Jamin Ginting sampai Titik 0 Kota Medan.

Dikatakan Meryl Saragih, konsep yang dipakai dalam aksi ini adalah aksi sosial yang ramah lingkungan dengan menggunakan MOLI, yaitu Motor Listrik Gotong Royong pertama di Kota Medan sebagai kendaraan sosial.

"Saya sempat melihat perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Di sana, motor karya anak bangsa dipamerkan. Yang paling membuat saya kagum adalah lahirnya motor listrik karya anak bangsa,” kata Meryl, Minggu (24/4/2022).

Meryl berharap, dengan menggabungkan 2 konsep tersebut, pasti sangat menyenangkan untuk bisa dijadikan program. Apalagi jika program ini betul-betul bisa langsung diaplikasikan dengan keinginannya berbakti untuk Medan dan Sumut.

"Lewat yayasan saya, yaitu Yayasan Membangun Rakyat Sejahtera atau MRS Foundation," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gotong Royong Ramah Lingkungan

Diungkapkan Meryl, MOLI adalah Motor Listrik Gotong Royong pertama di Kota Medan yang menggabungkan aksi gotong royong dan konsep ramah lingkungan. Konsep ini langsung diaplikasikan kepada masyarakat Medan.

Bersama dengan Puteri Sumatera Utara 2022, Sarah Panjaitan, dan beberapa influencer, dilakukan aksi gotong royong berbagi paket makanan berbuka puasa gratis sekaligus memperkenalkan MOLI sebagai kendaraan ramah lingkungan multi fungsi.

"MOLI juga dapat digunakan untuk mengantarkan bantuan sosial, sembako, dan sebagai perpustakaan keliling," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Paket Ramah Lingkungan

Diterangkan Meryl Saragih, selain menggunakan kendaraan ramah lingkungan, paket yang dibagikan juga ramah lingkungan. Tempat kotak nasi, botol minum, sendok, garpu, dan tas paket yang bisa digunakan kembali.

"Tidak sekali pakai, jadi bisa berulang kali digunakan. Karena kami mau menghindari penggunaan plastik sekali pakai," terangnya.

Meryl juga menyebut, dalam maktu dekat ini pihaknya juga akan meluncurkan MOLI UMKM. Tujuannya untuk membantu UMKM di Kota Medan menjual hasil produksi dan dagangannya.

"Agar para UMKM lebih produktuf," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Cara Gunakan MOLI

Disinggung cara menggunakan MOLI, Meryl menuturkan, akan ada narahubung bagi para pihak yang ingin menggunakan sebagai kendaraan sosial untuk membantu aksi kebaikan di Kota Medan, dan memperkenalkan masa depan melalui hal-hal yang melekat dengan masyarakat.

"Saya berharap dengan memperkenalkan MOLI kepada masyarakat, juga membantu pemerintah, terutama Presiden Jokowi yang lagi gencarnya mendukung industri motor listrik buatan negeri," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Bukti Nyata Generasi Muda

Sarah Panjaitan, Puteri Sumatera Utara 2022, yang juga ikut ambil bagian dalam aksi gotong royong ini mengaku senang ikut ambil bagian. Apalagi pada peringatan Hari Bumi sedunia kali ini diperingati dengan kehadiran MOLI di Sumut.

"Ini merupakan bukti nyata dari upaya generasi muda dalam menjaga kelestarian lingkungan, dan beradaptasi dengan cara hidup yang lebih ramah lingkungan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.