Sukses

Penyebab Bandara JB Soedirman Purbalingga Terancam Kehilangan Momentum Mudik Lebaran

Sejak diresmikan akhir April 2021 lalu, Bandara JB Soedirman, Purbalingga belum sekalipun memanen penumpang pada mudik Lebaran akibat Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Purbalingga - Bandara Jenderal Besar Soedirman terancam kembali kehilangan musim panen pada momen mudik Lebaran 2022. Sejak diresmikan akhir April 2021 lalu, Bandara JB Soedirman belum sekalipun memanen penumpang pada mudik Lebaran akibat Pandemi Covid-19.

Karena itu, tahun ini menjadi harapan agar Bandara Soedirman bisa memaksimalkan penerbangan. Harapan ini diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar meminta Bupati Purbalingga, Banyumas dan Banjarnegara untuk mengambil momentum mudik lebaran tahun ini untuk mengoptimalkan penerbangan di Bandara JB Soedirman.

“Sekarang naik pesawat kan gampang syaratnya dan besok mau mudik, saran saya hari ini momentumnya diambil, kalau bisa orang Purbalingga, Purwokerto, Banjarnegara minimal dari tuga itu atau juga Pemalang diminta untuk memanfaatkannya,” katanya saat Dialog Gubernur dengan Bupati/Walikota wilayah Pengembangan Barlingmascakeb dan Bregas Malang di Convention Hall Koesno Sosrodihardjo Purwokerto, Jumat (22/4/2022).

Untuk meningkatkan minat mudik menggunakan moda transportasi udara, Ganjar menyarankan agar pemerintah daerah bisa membantu meringankan tarif pesawat atau subsidi, satu di antaranya dalam bentuk diskon.

“Ini mungkin akan bisa harian dan itu pasti akan jadi boom,” ujar Ganjar.

Ganjar Pranowo menekankan pentingnya memanfaatkan momentum hari raya Idulfitri tahun ini. Sebab, menjelang libur panjang ini dipastikan ekonomi bergerak karena konsumsi masyarakat akan sangat tinggi.

Saksikan Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma

Namun momentum ini terancam terlewat. Sebab mulai Desember 2021 sampai bulan ini masih ada revitalisasi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Hal ini membuat Bandara JB Soedirman sementara belum bisa melayani rute penerbangan ke Jakarta.

Sebagai alternatif, Pemkab Purbalingga berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan agar ada bandara pengganti sehingga rute ke Jakarta tetap beroperasi.

“Intinya terkait pengaktifan Bandara Pondok Cabe. Sehingga bisa dialihkan dari Bandara Halim Perdanakusuma yang sedang direvitalisasi diarahkan untuk operasional melalui Bandara Pondok Cabe,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

Pemkab Purbalingga juga gencar melobi Lion Air Group agar bersedia membuka rute penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman. Sebab maskapai Citilink masih terkendala armada.

“Jadi kami sudah diskusikan dengan maskapai Lion Air Group termasuk Wings Air dan mereka merespon dengan baik,” ujar Tiwi, sapaan akrab Bupati.

Sementara Bupati Banyumas, Achmad Husein mengusulkan agar Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Pemalang menjalin MoU untuk ikut meramaikan penerbangan via Bandara JB Soedirman, minimal tujuan ke Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.