Sukses

Kapolresta Solo Minta Pemudik Tak Lengah Covid-19

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak meminta meski tahun ini tidak ada pembatasan aktivitas untuk para pemudik, dirinya meminta pemudik tetap menjaga protokol kesehatan. Dirinya berharap pemudik sudah vaksinasi 1, 2 dan booster.

Liputan6.com, Solo - Bulan Ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir. Musim mudik saat Hari Raya Lebaran tahun ini diprediksi akan meningkat lantaran tahun ini tidak ada pembatasan seperti pada tahun sebelumnya.

Meski tanpa pembatasan, Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak meminta pemudik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Dirinya mengimbau masyarakat yang belum vaksinasi 1, 2 dan booster diminta tetap melakukan tes PCR atau antigen demi memutus penyebaran mata rantai Covid-19 di musim lebaran nanti.

"Tahun ini tidak ada penyekatan untuk arus mudik maupun balik," katanya kepada awak media, Jumat (22/4/2022).

Kombes Pol Ade menyebut, ada lima titik pos keamanan disiapkan menjelang mudik di perbatasan Kota Solo, di antaranya di Pos Makuto, Pos Jurug, Pos Banyuanyar, Pos Tanjung Anom dan Pos Farokah. Sedangkan berikutnya ada pos pelayanan di Pasar Klewer dan pos terpadu di Beteng Vansterbug.

"Kita imbau supaya pemudik tetap mematuhi aturan berlalu lintas dan protokol kesehatan," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Volume Pengguna Jalan Naik 102,41 Persen

Menurutnya, prediksi mudik tahun ini akan mengalami kenaikan, meski beitu pihaknya telah melakukan perisiapan antisipasi lonjakan Covid-19 pada saat hari lebaran.

Dirinya meminta, bagi pemudik yang belum vaksinasi tahap 1 dan 2 atau booster, supaya melengkapi syarat swab antigen dan PCR.

"Setelah bisa menunjukkan maka tim satgas Jogo Tonggo mendorong ke puskemas terdekat untuk vaksin," tutur dia.

Hal tersebut, berlaku untuk pemudik yang belum melakukan vaksinasi booster, tim dari Jogo Tonggo akan membantu pemudik mendapatkan vaksinasi di tempat-tempat yang tekah disediakan di Solo.

"Pemudik diharapkan bisa menunjukan bukti vaksinasi bagi petugas jogo tonggo," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo. Ia memprediksikan ada 7,4 juta kendaraan atau 102, 41 % persen kendaraan.

"Kendaraan ini yang akan masuk Kota Solo pada arus mudik dan balik Idul Fitri 2022 nanti," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.