Sukses

Bupati Tapanuli Utara Dukung Usulan Sabam Sirait Jadi Pahlawan Nasional, Begini Alasannya

Menurutnya, Sabam Sirait merupakan sosok nasionalis yang ingin Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini tetap utuh dan Pancasila tetap tegak.

Liputan6.com, Tapanuli Utara - Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan mendukung usulan agar pendiri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi pahlawan nasional. Nikson mengaku telah membuat surat dukungan resmi atas usulan tersebut.

"Itu sudah saya buat surat dukungannya. Saya sangat dukung (usulan Sabam menjadi pahlawan nasional) itu," tandasnya Nikson Nababan, Selasa (8/3/2022).

Menurutnya, Sabam Sirait merupakan sosok nasionalis yang ingin Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini tetap utuh dan Pancasila tetap tegak.

"Beliau bisa dibilang sangat konsisten memperjuangkan bahwa ideologi Bung Karno itu Pancasila, NKRI itu adalah harga mati," jelasnya.

Nilai-nilai yang diperjuangkan Sabam itulah yang akhirnya menjadikan Indonesia besar dengan berbagai keberagamannya.

Diketahui, nama Sabam Sirait sendiri sudah tidak asing lagi di dunia politik Indonesia. Sabam telah aktif berkiprah di dunia politik sejak masa Orde Lama hingga masa reformasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tegakan Demokrasi

Sabam yang sudah menghasilkan empat buku selama hidupnya itu telah merasakan tujuh masa pemerintahan presiden yang berbeda dari kepemimpinan Soekarno sampai kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sebuah seminar nasional, sejarawan dari Pusat Riset Politik BRIN Asvi Warman Adam mengatakan Sabam Sirait telah berjuang demi tegaknya demokrasi di Indonesia. 

"Sabam Sirait itu memperjuangkan demokrasi seumur hidup. Berjuang bukan untuk dirinya sendiri, tetapi bagi rakyat banyak," ujar Asvi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.