Sukses

Sejumlah Pihak Berharap Sabam Sirait Bisa Jadi Pahlawan Nasional

Sejumlah tokoh masyarakat mengusulkan agar almarhum Sabam Sirait bisa menjadi pahlawan nasional.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah tokoh masyarakat mengusulkan agar almarhum Sabam Sirait bisa menjadi pahlawan nasional.

Hal tersebut dikumandangkan dalam acara Seminar Pengusulan Sabam Sirait sebagai Pahlawan Nasional RI di Medan, Sabtu 22 Januari 2022.

Mantan gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin meyakini, Almarhum Sabam Sirait layak mendapat penganugerahan tokoh pahlawan nasional.

Pasalnya, semasa hidup Sabam Sirait dinilai sebagai tokoh penjaga demokrasi yang menjunjung tinggi pluralisme.

"Sabam Sirait adalah sahabat yang baik, punya pendirian dan memang seorang pejuang untuk ide dan gagasan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat banyak," kata Syamsul dalam keterangan pers diterima, Minggu (23/1/2022).

Selain Syamsul, Akademisi Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Robert Sibarani mengatakan perjuangan yang dilakukan Almarhum Sabam Sirait sejak masa mudanya dicap mampu menopang dan semakin memperkokoh nilai Pancasila sebagai dasar Negara.

"Kearifan berpolitik Almarhum Sabam Sirait dikenal dengan sosok yang beretika, terpercaya, jujur dan adil, santun dan hormat, komitmen dan bertanggungjawab," kata Sibarani.

Dalam kesempatan senada, Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting bercerita, kiprah almarhum Sabam dalam demokrasi di Indonesia sudah dilakukan sejak bangku kuliah. Karenanya, hal itu bisa mejadi panutan bagi insan generasi muda saat ini untuk meneladani wawasan, sikap dan semangat perjuangan yang ditunjukkan Sabam Sirait.

Sementara Pdt Willem TP Simarmata mengatakan, bahwa menjadi harapan bersama, dengan kolaborasi panitia dan seluruh unsur mewujudkan Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional oleh presiden Joko Widodo. Menurutnya, begitu banyak kontribusi yang diberikan hingga sistem demokrasi di Indonesia mengalami perubahan.

"Sejak awal beliau selalu bercerita tentang undang-undang pemerintahan daerah, juga tentang perjuangan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan keluarga

Mewakili keluarga almarhum Sabam Sirait Batara Immanuel Sirait mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh tokoh di Sumut yang mendorong penetapan almarhum ayahnya sebagai pahlawan nasional.

Dia berharap, agar apa yang diupayakan panitia juga menjadi harapan untuk kebaikan bagi bangsa dan Negara.

"Mewakili keluarga besar Sabam Sirait, kami mengucapkan trimakasih kepada panitia, tokoh-tokoh bangsa dan seluruh masyarakat atas pengajuan Ayah kami jadi Pahlawan Nasional," kata Batara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.