Sukses

Putri Gusdur Apresiasi Green Campus di UIN Raden Fatah Palembang

Alissa Wahid, Waka PBNU yang juga putri sulung (alm) Gusdur, saat menghadiri penanaman 5.000 bibit pohon di Kampus B UIN Raden Fatah Palembang Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), memiliki dua lokasi di Kota Palembang.

Yakni di Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan kampus lama. Sedangkan kampu baru berada di seputaran Jakabaring Palembang Sumsel.

Berbeda dengan kampus lama, di kampus baru UIN Raden Fatah Palembang tersebut, memiliki lahan luas yang ditanami ribuan bibit pohon sebagai program Green Campus.

Salah satu yang turut mendukung program penghijauan tersebut, yakni Alissa Wahid, Wakil Ketua (Waka) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Pada hari Jumat (4/3/2022) pagi, Alissa Wahib didampingi Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Nyayu Khodijah mengikuti kegiatan Penanaman 5.000 Pohon di Kampus UIN Raden Fatah Palembang.

Kegiatan yang bertema ‘Reduksi CO¬2 dan Tingkatkan Produksi Oksigen (Kontribusi Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca) untuk Keberlanjutan Lingkungan Hidup dan Kesejahteraan Umat Manusia.

Putri sulung Presiden ke-4 (alm) Abdurahmad Wahid atau akrab disapa Gusdur, turut menanam bibit pohon di lahan kosong yang sudah disediakan.

“Senang sekali rasanya. Ini kampus B, kampus yang masih baru. Semoga dengan menanam pohon ini, beberapa tahun lagi jadi kampus hijau, rimbun, nyaman dan membangun model kehidupan baru yang lebih ekologis,” ujarnya di Palembang, Sabtu (5/3/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengurangan Emisi Karbon

Dia yakin dengan rutinnya digelar penanaman pohon tersebut, akan membuat suasana kampus lebih nyaman untuk beraktivitas, udara yang sejuk serta mengurangi kebutuhan pendingin udara.

Yang mana, berdampak pada pengurangan emisi karbon di Kota Palembang, serta mengajarkan mahasiswa dan civitas UIN Raden Fatah Palembang untuk peduli terhadap lingkungan.

“Jangan lupa, Presiden Joko Widodo sudah mencanangkan tahun ini, utnuk melakukan berjuta-juta penanaman pohon sepanjang tahun 2022. Ini start yang sangat bagus,” katanya.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Nyayu Khodijah menuturkan, banyaknya pohon yang ditanam, akan mengeluarkan dan menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida.

3 dari 3 halaman

Ribuan Bibit Pohon

“Ini untuk keberlangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, agar sejahtera dan hidup lebih baik,” ucapnya.

Ada sebanyak 5.000 batang bibit pohon yang ditanam di seputaran Kampus B UIN Raden Fatah Palembang. Di antaranya, bibit pohon Merbau, Mahoni, Sirsak, Ketapang dan Kemang.

Menurutnya, program Green Campus tersebut menjadi upayah civitas UIN Raden Fatah Palembang, untuk penghijauan dengan menanam pohon.

Namun juga ada aksi lain, seperti pengelolaan air bersih, penampungan air hujan yang bisa dipakai untuk kebutuhan di kampus. Serta pengelolaan sampah di kampus menjadi pupuk organik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.