Sukses

Tut-Tut, Segini Murahnya Harga Tiket Kereta Api Jurusan Garut-Pasar Senen PP

Dibukanya jalur kereta Stasiun Garut Kota merupakan buah perjuangan panjang masyarakat Garut, yang sejak 2015 lalu mengajukan reaktivasi kepada pemerintah, setelah terakhir kali beroperasi dekade 1980-an silam.

Liputan6.com, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan, menyatakan harga tiket perjalanan kereta api jurusan Garut-Pasar Senen, Jakarta Pusat begitu pun sebaliknya, diproyeksikan berada di kisaran angka Rp41 ribu sekali perjalanan.

“Jadi pulang pergi sekitar Rp 80 ribuan, tapi waktunya tepat,” ujarnya di sela-sela uji coba jalur Kereta Api Garut –Pasar Senen, Jakarta Pusat, Ahad (20/2/2022).

Menurutnya, dibukanya jalur kereta Stasiun Garut Kota merupakan buah perjuangan panjang masyarakat Garut, yang sejak 2015 lalu mengajukan reaktivasi kepada pemerintah, setelah terakhir kali beroperasi dekade 1980-an silam.

“Hari ini kami bersama Direktur Perijinan dari Kementerian Perhubungan melakukan uji cobe rute lengkap dari stasiun Garut,” kata dia.

Dibukanya jalur lawas Stasiun Garut Kota-Cibatu ujar dia, membuka memori lama masyarakat Garut mengenai perkembangan moda transportasi massa itu sejak lama.

“Saya adalah orang (Kecamatan) Wanaraja, ketika mau ke Garut tahun 1970-an, saya biasa menggunakan kereta api,” kata dia.

Untuk mengajak warga kembali menggunakan moda transportasi umum kereta api, Rudy berjanji bakal menggeratiskan perjaalan Stasiun Garut - Cibatu pulang pergi selama satu bulan penuh.

"Gratis pulang pergi Garut-Cibatu," ujar dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenangan Lama

Meskipun fasilitas dan kondisi perkeretaapian saat itu masih sederhana, namun kenangan perjalanan menggunakan si ular besi terasa berkesanan hingga kini.

“Apapun bisa masuk ke Garut, berdesak-desakan, panas tapi sangat membahagiakan, hari ini kita naik lagi kereta api dengan jalur yang sama tapi sudah berbeda, ber-AC, mantap,” ujar dia bangga.

Dalam uji coba yang dilakukan seharian, beberapa stasiun berhasil dilalui secara marathon. Yakni, Stasiun Wanaraja, Stasiun Pasir Jengkol, Stasiun Cibatu, Stasiun Leles dan selanjutnya sampai Bandung, Kiara Condong.

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Stasiun Cimahi, Padalarang dan Purwakaeta, hingga Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, sebagai tujuan akhir perjalanan.

“Saya bangga dan tentu ini kehormatan bagi warga Garut,” kata dia.

Selain melayani rute perjalanan Jakarta pulang pergi, rencananya Stasiun Garut Kota bakal melayani tiga kali perjalanan dalam satu hari yakni Stasiun Cibatu, serta Stasiun Purwakarta.

“Dan satu minggu dua kali akan ada kereta api eksekutif dari Gambir ke Garut, Garut ke Gambir,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.